ANALISIS DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN TOL SEMARANG�BATANG TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI PENDUDUK DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG


Rizki Amal Fadhila, 32114115026 (2020) ANALISIS DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN TOL SEMARANG�BATANG TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI PENDUDUK DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Rizki Amal_Geo2 - Rizky Amal.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan jalan tol merupakan strategi pemerintah untuk meningkatkan perkembangan kota dan pertumbuhan ekonomi. Jalan tol Semarang-Batang merupakan salah satu sarana dan prasarana pendukung dalam perkembangan dan pertumbuhan ekonomi wilayah yang berada disekitarnya. Pembangunan jalan tol mempengaruhi kondisi sosial ekonomi penduduk. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengidetifikasi Pengaruh jalan tol Semarang-Batang terhadap kondisi sosial ekonomi penduduk, 2) Mengidentifikasi perkembangan wilayah di daerah terdampak jalan tol. Lokasi penelitian ini berada di dua kelurahan di Kecamatan Ngaliyan yaitu Kelurahan Gondoriyo dan Kelurahan Ngaliyan. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala keluarga di RW sekitar proyek jalan tol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive proportional random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini 96 KK. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner, dokumentasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif persentase. Hasil pada penelitian ini adalah 1) Jalan tol tidak berpengaruh terhadap kondisi sosial penduduk, sedangkan jalan tol berpengaruh terhadap kondisi ekonomi keluarga tergantung jenis pekerjaan, 2) Jalan tol berpengaruh dalam perkembangan wilayah yang sebelum ada proyek sepi kini menjadi ramai karena pusat kegiatan ekonomi bertambah. Saran yang diberikan berdasarkan penelitian ini adalah 1) Pengaruh pembangunan jalan tol terhadap kondisi ekonomi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan mengembangkan kegiatan perekonomian yang dapat meningkatkan pendapatan keluarga, 2) Pemerintah perlu melakukan penataan terhadap pusat ekonomi baru di Kelurahan Gondoriyo agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah dan pengendalian pertumbuhannya agar tetap sesuai dengan rencana tata ruang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan Jalan Tol, Kondisi Sosial Ekonomi, Perkembangan Wilayah
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Socio-economic
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 14 Sep 2021 07:03
Last Modified: 14 Sep 2021 07:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46282

Actions (login required)

View Item View Item