STUDI KELAYAKAN SATCHEL BAG DARI BAHAN CELANA JEANS BEKAS DENGAN HIASAN SULAM PITA


Wiwit Yuliana, 5401415073 (2020) STUDI KELAYAKAN SATCHEL BAG DARI BAHAN CELANA JEANS BEKAS DENGAN HIASAN SULAM PITA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI KELAYAKAN SATCHEL BAG DARI BAHAN CELANA JEANS BEKAS DENGAN HIASAN SULAM PITA] PDF (STUDI KELAYAKAN SATCHEL BAG DARI BAHAN CELANA JEANS BEKAS DENGAN HIASAN SULAM PITA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakuakan untuk mengetahui kelayakan produk tas dengan bahan utama celana jeans bekas. Tas yang diciptakan pada penelitian ini adalah satchel bag, karena ukuran satchel bag yang sedang dapat membawa barang kebutuhan (seperti: Gawai, power bank, dan dompet). Uji kelayakan produk dinilai oleh 37 panelis yang terdiri dari 4 panelis ahli dan 33 panelis terlatih diperoleh rata – rata presentase total 86,32% yang dikategorikan sangat layak dan 13,68% memilih layak. Populasi dalam penelitian ini diambil dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Busana angkatan 2016 & 2017 Universitas Negeri Semarang yang telah menempuh Mata Kuliah Pelengkap Busana. Teknik sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling Sampling sebesar 33 mahasiswa (panelis terlatih) dan 4 panelis ahli. Variabel tunggal yang tidak mempengaruhi ataupun dipengaruhi oleh variabel lain, yaitu kelayakan tas dari bahan celana jeans bekas dengan aplikasi sulam pita. Metode pengumpulan data adalah observasi dengan lembar pengamatan. Analisis data statistik dengan analisis deskriptif persentase. Hasil penilaian dari empat indikator penilian uji kelayakan secara keseluruhan pada produk tas diperoleh rata-rata persentase total 86,32% yang dikategorikan sangat layak. Indikator penilain kelayakan tas dari bahan celana jeans bekas dengan aplikasi sulam pita meliputi, desain tas, kenyamanan produk, keistimewaan tambahan, kualitas produk. Ditinjau dari hasil penilaian keseluruhan produk tas, diperoleh hasil dengan persentase paling rendah yaitu penilaian dari indikator keistimewaan. Saran untuk penelitian selanjutnya, perlu adanya pengembangan untuk keistimewaan tambahan produk agar tas yang diciptakan memiliki keunikan sehingga berbeda dari produk tas lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: celana jeans bekas, sulam pita, eksperimen, penciptaan tas
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Sep 2021 06:56
Last Modified: 14 Sep 2021 06:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46279

Actions (login required)

View Item View Item