PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEKNIK BUAT KAIN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BUSANA UNNES


Tisma Mutia, 5401415017 (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEKNIK BUAT KAIN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BUSANA UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEKNIK BUAT KAIN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BUSANA UNNES] PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEKNIK BUAT KAIN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BUSANA UNNES) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Hasil observasi di lapangan menunjukkan pemahaman mahasiswa terhadap pembuatan produk guimpe pada Mata Kuliah Tekik Buat Kain yang membutuhkan waktu cukup lama dan rumit, latar belakang mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan, serta keterbatasan waktu pembelajaran adalah beberapa hal yang menjadikan mata kuliah teknik buat kain sulit dipahami. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran sebagai media pembelaran Mata Kuliah Teknik Buat Kain dan untuk mengetahui tingkat kelayakannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembanangan atau Research and Development (R&D) yang terdiri dari 3 tahap, yaitu: define, design, dan develop. Validasi dilakukan oleh 4 dosen ahli. Multimedia pembelajaran yang dikembangkan diujicobakan pada 20 mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Busana angkatan 2016 dan 2017, yang pernah menempuh Mata Kuliah Teknik Buat Kain. Hasil penelitian produk menunjukan adanya kebutuhan multimedia pembelajaran pada Mata Kuliah Teknik Buat Kain. Hasil kelayakan multimedia pembelajaran oleh validator dari aspek materi diperoleh persentase sebesar 90% (sangat layak), dan aspek media sebesar 88% (sangat layak), sedangkan penilaian mahasiswa diperoleh persentase sebesar 88% (sangat layak). Simpulan dari penelitian ini adalah adanya kebutuhan multimedia pembelajaran dikarenakan multimedia pembelajaran mudah dioperasikan dan dapat digunakan untuk belajar secara mandiri. Tingkat kelayakan multimedia pembelajaran oleh dua ahli materi dan dua ahli media dinyatakan sangat layak, kemudian hasil penilaian mahasiswa dinyatakan sangat layak, sehingga multimedia pembelajaran dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran Mata Kuliah Teknik Buat Kain. Saran yang dapat diberikan adalah peneliti yang ingin melakukan penelitian serupa disarankan untuk dapat melakukan penelitian hingga menguji keefektifan penggunaan multimedia pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teknik buat kain, pengembangan, multimedia pembelajaran.
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Sep 2021 06:41
Last Modified: 14 Sep 2021 06:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46273

Actions (login required)

View Item View Item