INOVASI CANTING CAP BATIK (CANTIK) DARI KALENG BEKAS


Kartini, 5401415013 (2020) INOVASI CANTING CAP BATIK (CANTIK) DARI KALENG BEKAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of INOVASI CANTING CAP BATIK (CANTIK) DARI KALENG BEKAS] PDF (INOVASI CANTING CAP BATIK (CANTIK) DARI KALENG BEKAS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

baru atau penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. Adapun inovasi suatu alat batik yaitu canting cap batik dari bahan kaleng bekas. Canting cap adalah alat yang dibuat dari lempengan plat tembaga dengan berbagai ukuran, bentuknya seperti stempel dengan tapak pinggiran plat sesuai dengan motif batik yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat canting cap batik dari bahan kaleng bekas dan mengetahui kelayakan mengenai hasil produk canting cap yang dibuat dari bahan kaleng bekas. Metode yang digunakan dalam penciptaan produk batik ini adalah metode penelitian R&D, yang menyebutkan dalam tahapan penelitian ini terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk dan uji coba produk. Visualisasi karya penciptaan produk canting cap batik bahan kaleng bekas dalam proses pembuatannya tidak jauh berbeda dengan pembuatan canting cap bahan tembaga, seperti: persiapan desain canting cap, persiapan alat dan bahan, pilah-pilah kaleng biskuit, pemotongan kaleng dengan lebar 2 cm dan kaleng dibakar terlebih dahulu sekitar 30 menit, membuat garis bantu pada desain, membuat dan menyusun ancak, membuat motif klowongan yaitu ornamen, memasang ganjelan, membuat dan menyusun isen-isen pada, memasang sliwer atau kerangka canting, pasang gagang canting, mematri dan mengasah canting cap. Penciptaan canting cap ini diimplementasikan pada dua produk canting cap bermotifkan UNNES konservasi yaitu motif stilasi logo UNNES dan gulma cacalincingan yang memiliki filosofi. Uji kelayakan canting cap batik bahan kaleng bekas oleh tiga Ahli pakar dan 20 perajin batik cap. Ahli pakar menyatakan bahwa canting cap bahan kaleng layak, dinilai dari aspek kualitas material kaleng bekas, proses pembuatan canting cap, kualitas canting cap, aspek pemakaian sedangkan perajin batik cap menyatakan canting dari bahan kaleng bekas layak, dari aspek inovasi canting cap, bentuk visual, motif, dan aspek pemakaian canting. Hasil simpulan penelitian menunjukkan 1) pembuatan canting cap batik bahan kaleng bekas dua buah canting dengan motif batik Unnes konservasi, 2) Uji kelayakan terhadap canting cap batik oleh Ahli pakar dan responden perajin canting cap batik. Saran penelitian menunjukkan 1) Bentuk penciptaan canting cap dengan mengurangi atau memanfaatkan limbah kaleng sekaligus sebagai media promosi dalam berbisnis canting cap bahan limbah kaleng, 2) Pembuatan canting cap ini ke depannya diharapkan dapat lebih baik dan memiliki nilai filosofi yang lebih luhur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Canting cap batik, Kaleng bekas
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Sep 2021 06:38
Last Modified: 14 Sep 2021 06:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46271

Actions (login required)

View Item View Item