PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH MANAJEMEN BUSANA WANITA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BUSANA


Ima Selpiana, 5401415012 (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH MANAJEMEN BUSANA WANITA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BUSANA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH MANAJEMEN BUSANA WANITA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BUSANA] PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH MANAJEMEN BUSANA WANITA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BUSANA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Peranan sebuah media dalam pembelajaran dikatakan sangat penting, karena media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan informasi sehingga dapat memperlancar proses belajar. Rancangan pembelajaran semester 2017, mahasiswa dituntut untuk terampil mengubah pola sesuai model dengan kriteria berbagai macam lengan, krah dan siluet. Angket analisis kebutuhan yang telah diisi mahasiswa angkatan 2017 menunjukkan, mahasiswa merasa kesulitan pada materi busana wanita. Mahasiswa membutuhkan referensi untuk mengembangkan ide – ide kreatif membuat busana pesta (gaun bervuring) dengan berbagai model bentuk lengan, krah, siluet dan mampu mengubah pola dari desain yang mereka buat untuk memenuhi capaian pembelajaran. Mahasiswa membutuhkan media alternatif untuk mengerjakan tugas busana wanita pesta (gaun bervuring). Melalui media pembelajaran yang dikembangkan diharapkan mahasiswa dapat mengerjakan tugas secara mandiri diluar pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang terdiri dari lima tahap, yaitu : 1) analisis, 2) perencanaan, 3) perancangan, 4) pengembangan, 5) validasi dan ujicoba. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan validator pengguna serta diujicobakan pada mahasiswa. Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Tata Busana yang sudah lulus mata kuliah Manajemen Busana Wanita angkatan 2017 berjumlah 27 mahasiswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif presentase. Hasil pada penelitian ini pengembagan dilakukan dengan lima tahap pengembangan, yaitu analisis, perencanaan, perancangan, pengembangan, validasi dan ujicoba. Tingkat kelayakan multimedia sebagai media pembelajaran Manajemen Busana Wanita materi gaun dari validasi ahli diperoleh presentase 89,44% dan hasil ujicoba kepada mahasiswa diperoleh presentase 87,82%. Simpulan dari penelitian ini, yaitu : 1) Tahap pengembangan media pembelajaran materi gaun dibuat dengan lima tahap, yaitu analisis, perencanaan, perancangan, pengembangan, validasi dan ujicoba. 2) Multimedia pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti dikategorikan sangat layak berdasarkan aspek media (kualitas teknis, artistik dan estetika), aspek materi (kualitas materi dan tujuan) dan fungsi keseluruhan, sehingga multimedia pembelajaran dapat digunakan untuk pembelajaran membuat busana wanita materi gaun. Saran untuk peneliti berikutnya perlu penelitian lebih lanjut mengenai uji efektifitas penggunaan media pembelajaran dan media pembelajaran dapat dikembangkan dengan teknologi serta konsep yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia, pengembangan, busana wanita
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Sep 2021 06:35
Last Modified: 14 Sep 2021 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46268

Actions (login required)

View Item View Item