SINTESIS CARBON NANODOTS (C-DOTS) DARI LIMBAH KERTAS


Devin Sidik Prayogi, 4211413018 (2020) SINTESIS CARBON NANODOTS (C-DOTS) DARI LIMBAH KERTAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SINTESIS CARBON NANODOTS (C-DOTS) DARI LIMBAH KERTAS] PDF (SINTESIS CARBON NANODOTS (C-DOTS) DARI LIMBAH KERTAS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kertas menjadi salah satu kebutuhan manusia yang penting dalam kegiatan sehari-hari. Tingginya penggunaan kertas akan mendorong tingginnya produksi kertas.Melimpahnya ikatan rantai karbon pada limbah organik seperti kertas menjadikannya sebagai bahan dasar untuk fabrikasi bahan berpendar C-Dots. Dengan kandungan rantai karbon yang tinggi, penelitian ini bertujuan untuk mendaur ulang limbah kertas menjadi C-Dots dan mengetahui karakteristik sifat optik dan strukturnya. Daur ulang limbah kertas dilakukan melalui proses hidrotermal pada temperatur 200oC, 220oC, 240oC, 260oC, 280oC, dan 300oC pada waktu pemanasan yang tetap yaitu 1 jam. Kertas hasil daur ulang menunjukkan sifat fotoluminesensi dengan warna emisi kuning kehijauan saat diradiasi sinar UV. Perpendaran tersebut mengindikasikan terbentuknya C-Dots. Spektrum absorbansi C-Dots dari daur ulang limbah kertas berada pada rentang panjang gelombang 300 nm – 750 nm denganpuncakpadapanjanggelombang 398 nm. Intensitas emisi maksimum memiliki dua puncak emisi pada panjang gelombang 434 nm (2,87 eV) dan 524 nm (2,37 eV). Energi gap C-Dots dari kertas berada pada rentang energi 2,64-2,87 eV. Energi gap tersebut meningkat dengan meningkatnya suhu pemanasan yang digunakan. Proses daur ulang kertas mengakibatkan perubahan struktur. Pemanasan mengakibatkan bertambahnya ikatan C=C pada bilangan gelombang 1661 cm-1 yang mengindikasikan adanya proses karbonisasi untuk membentuk inti karbon yang berstruktur grafitik. Selama proses pemanasan terbentuk gugus C-H, -OH, dan C-O yang mengindikasikan terbentuknya gugus fungsi pada permukaan C-Dots.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: C-Dots, kertas, hidrotermal, fotoluminesensi
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 14 Sep 2021 06:12
Last Modified: 14 Sep 2021 06:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46262

Actions (login required)

View Item View Item