(ABSTRAK) PENGGUNAAN MODEL PAKEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PERUBAHAN SIFAT BENDA DI KELAS III SD NEGERI 05 PEGUNDAN KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG
Tarmani , 1402908177 (2011) (ABSTRAK) PENGGUNAAN MODEL PAKEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PERUBAHAN SIFAT BENDA DI KELAS III SD NEGERI 05 PEGUNDAN KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF ((ABSTRAK) PENGGUNAAN MODEL PAKEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PERUBAHAN SIFAT BENDA DI KELAS III SD NEGERI 05 PEGUNDAN KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG)
- Published Version
Download (70kB) | Preview |
Abstract
Dalam pebelajaran IPA model konvensional lebih didominasi oleh guru, sehingga siswa menjadi pasif. Banyak guru menganggap bahwa strategi ceramah merupakan satu-satunya alternatif dalam pembelajaran IPA. Sebagai upaya merubah pola pendidikan tersebut, strategi pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dapat dijadikan alternatif model pembelajaran di Sekolah Dasar. Model PAKEM dilaksanakan untuk menciptakan suatu lingkungan belajar yang lebih melengkapi peserta didik dengan keterampilan dan pengetahuan dan sikap bagi kehidupan kelak. Artinya dengan Pakem peserta didik aktif bertanya, memberikan tanggapan, mengungkapkan ide dan mendemonstrasikan gagasan atau idenya. Dengan seperti ini peserta didik dengan sendirinya lebih aktif kreatif dalam memecahkan masalah. Sehingga pelajaran lebih efektif. Dan pada ujungnya, peserta didik akan senang menerima materi. Permasalahan dalam skripsi ini adalah “Bagaimana peningkatan aktifitas siswa dengan menerapkan model PAKEM?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas III SD Negeri 05 Pegundan melalui model PAKEM. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas III SD Negeri 05 Pegundan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 35 siswa menggunakan model PAKEM. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan pengambilan data melalui LKS, lembar pengamatan aktivitas belajar siswa, ketidak hadiran siswa, peformansi guru, hasil akhir masing-masing siswa, dan daya serap siswa. Indikator keberhasilan penelitian jika rata-rata kelas sekurang-kurangnya 60, prosentase tuntas kasikal sekurang-kurangnya 70%, ketidak hadiran siswa kurang dari 10%, pengamatan aktivitas siswa minimal 50% yang mendapat nilai B, dan peformansi guru minimal B. Setelah melalui siklus I dan siklus II hasil penelitian diketahui adanya perubahan dalam hal: daya serap klasikal 78,26; lembar pengamatan aktivitas siswa yang mengalami peningkatan 81% dalam kategori baik, dan nilai rata-rata peformansi guru menjadi sangat baik (A). Dengan demikian penggunaan model PAKEM telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Simpulan penelitian ini adalah secara umum hasil belajar dengan menggunakan model PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa, dan peformansi guru. Dari hasil penelitian ini disarankan guru dalam pembelajaran menggunakan model PAKEM untuk pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAKEM |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 26 Sep 2011 03:23 |
Last Modified: | 26 Sep 2011 03:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4626 |
Actions (login required)
View Item |