PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI AKTIVITAS LUAR KELAS SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


Arif Widianto, 6102413072 (2020) PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI AKTIVITAS LUAR KELAS SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI AKTIVITAS LUAR KELAS SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG] PDF (PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI AKTIVITAS LUAR KELAS SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian Aktivitas luar kelas sebagai media pembelajaran penjasorkes dapat memotivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, merupakan minat dan perhatian, sekaligus dapat berinteraksi dengan lingkungan. Pembelajaran penjasorkes melalui aktivitas luar kelas oleh guru penjasorkes sekolah dasar di kecamatan Mijen. Fokus masalah bagaimana konsep, bentuk, kendala dan lingkungan yang di hadapi dalam pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar tersebut. Pendekatan peneletian melalui deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri Ngadirgo 03, Wonoplumbon 01, Pesantren, Jatibarang 02, Wonolopo 03. Metode pengumpulan penelitian data menggunakan wawancara, pengamatan langsung, penelusuran dokumen dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan metode yang terus menerus, aktivitas dalam melakukan analisis data berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan analisis data di peroleh hasil konsep penjasorkes melalui aktivitas luar kelas, bentuk aktivitas luar kelas dalam pembelajaran penjasorkes, kendala dalam proses pembelajaran pembelajaran penjasorkes melalui aktivitas luar kelas, dan lingkungan yang dapat di akses dalam proses pembelajaran penjasorkes melalui aktivitas luar kelas. Simpulan dari penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran penjasorkes tersebut dilaksanakan dengan konsep menyenangkan bagi para siswa dengan melakukan pembelajaran penjasorkes melalui aktivitas luar kelas dan kendala yang dihadapi terkait pengawasan , lokasi dan keamanan ketika menuju lokasi. Penelitian ini juga menyarankan guru dan penyelenggara pendidikan harus dituntut lebih kreatif dalam membuat pembelajaran penjasorkes melalui aktivitas luar kelas agar siswa merasa tidak bosan dengan kegiatan tersebut sehingga pembelajaran akan berjalan dengan matang dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Aktivitas Luar Kelas
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:32
Last Modified: 14 Sep 2021 03:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46247

Actions (login required)

View Item View Item