PENGARUH LATIHAN KARET TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN DOLLYO CHAGI STUDI KASUS ATLET DOJANG KNPI TAEKWONDO JAKARTA TIMUR


Ahmad Fauzi Syarifudin, 6211416009 (2020) PENGARUH LATIHAN KARET TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN DOLLYO CHAGI STUDI KASUS ATLET DOJANG KNPI TAEKWONDO JAKARTA TIMUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LATIHAN KARET TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN DOLLYO CHAGI STUDI KASUS ATLET DOJANG KNPI TAEKWONDO JAKARTA TIMUR] PDF (PENGARUH LATIHAN KARET TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN DOLLYO CHAGI STUDI KASUS ATLET DOJANG KNPI TAEKWONDO JAKARTA TIMUR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Teknik tendangan dollyo chagi yaitu suatu gerakan yang dilakukan secara tepat berdasarkan kemampuan lokomotor, kondisi, mekanik dan peraturan permainan. Penggunan karet yang berukuran medium sangat membantu latihan bervariasi dalam meningkatkan prestasi atlet. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengaruh latihan karet terhadap kecepatan tendangan dollyo chagi studi kasus atlet dojang KNPI taekwondo Jakarta Timur. Penelitian merupakan penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan adalah atlet Dojang KNPI Jakarta Timur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 atlet profesional dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kecepatan tendangan dollyo chagi menggunakan metode latihan karet. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui Dojang KNPI Jakarta Timur menunjukkan bahwa ada perbedaan pengaruh metode latihan menggunakan karet dan tanpa karet terhadap kecepatan tendangan dollyo chagi pada atlet Dojang KNPI Jakarta Timur. Dilihat dari rata-rata jumlah tendangan selama 30 detik untuk kaki kanan terjadi perbedaan yang signifikan, terbukti dari kelompok ekpserimen sebesar 53,50 yang lebih banyak dibandingkan kelompok kontrol sebesar 51,00. Untuk tendangan kaki kiri pada kelompok eksperimen sebesar 50,60 sedangkan kelompok kontrol sebesar 48,40. Perbedaan ini menunjukkan bahwa metode latihan menggunakan karet lebih efektif untuk peningkatan kecepatan tendangan dollyo chagi dibandingkan tanpa menggunakan karet. Dilihat dari hasil uji-t untuk tendangan kaki kanan diperoleh sebesar 2,197 dengan nilai signifikansi 0,041 dan untuk tendangan kaki kiri sebesar 2,819 dengan nilai signifikansi 0,011. Nilai signifikansi dari kedua data kurang dari 0,05, yang berarti bahwa ada perbedaan pengaruh pengaruh latihan menggunakan karet dengan latihan tanpa karet terhadap kecepatan tendangan dollyo chagi pada atlet Dojang KNPI Jakarta Timur. Simpulan Penelitian ini adalah Terdapat pengaruh yang signifikan latihan menggunakan karet terhadap kecepatan tendangan dollyo chagi atlet Dojang KNPI Jakarta Timur. Dilihat dari hasil uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Disarankan 1) Pelatih dapat menerapkan metode latihan menggunakan karet untuk meningkatkan kecepatan tendangan dollyo chagi. 2) Perlu adanya peneliitian lanjutan terkait dengan power yang dihasilkan dari hasil tendangan dollyo chagi dari pengaruh metode latihan menggunakan karet.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latihan Karet, Kecepatan Tendangan Dollyo Chagi, Taekwondo
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:14
Last Modified: 14 Sep 2021 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46241

Actions (login required)

View Item View Item