PERAN KOMUNITAS CEPU BACA BUKU (CBB) DALAM MEMBANGUN LITERASI BUDAYA BACA GENERASI MUDA DI KECAMATAN CEPU KABUPATEN BLORA


Gadis Indah Kurniawati, 3301416051 (2020) PERAN KOMUNITAS CEPU BACA BUKU (CBB) DALAM MEMBANGUN LITERASI BUDAYA BACA GENERASI MUDA DI KECAMATAN CEPU KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_GADIS_INDAH_KURNIAWATI_-PPKN_UNNES - Gadis Indah Kurniawati.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_GADIS_INDAH_KURNIAWATI_-PPKN_UNNES - Gadis Indah Kurniawati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Budaya baca di Indonesia masih tergolong rendah dilihat dari hasil-hasil penelitian internasional, salah satu penyebabnya adalah kurangnya fasilitas layanan perpustakaan (Kemendikbud, 2019:2-7). Cepu adalah kecamatan di Kabupaten Blora. Budaya baca di Cepu masih tergolong rendah dilihat dari kurang tersedianya fasilitas literasi umum maupun kegiatan produktif. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibentuklah komunitas Cepu Baca Buku yang bertujuan membangun literasi budaya baca dengan menyediakan ruang literasi melalui taman bacaan gratis dan kegiatan literasi. Tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran komunitas Cepu Baca Buku (CBB) dalam membangun literasi budaya baca generasi muda dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat komunitas Cepu Baca Buku dalam membangun literasi budaya baca generasi muda di Kecamatan Cepu Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di Rumah Baca Komunitas Cepu Baca Buku (CBB) di Desa Tegal Rejo Timur No. 14 RT 01/RW 14 dan Lapak buku Komunitas Cepu Baca Buku. Subjek penelitian ini adalah ketua/inisiator komunitas Cepu Baca Buku, penggiat (relawan), dan pemustaka. Alat dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, peran komunitas Cepu Baca Buku dalam membangun literasi budaya baca generasi muda adalah sebagai fasilitator untuk menyediakan buku bacaan dan kegiatan literasi, sedangkan Penggiat (relawan) Cepu Baca Buku berperan sebagai motivator dalam meningkatkan kebiasaan membaca. Ada 3 (tiga) layanan, yaitu: Pertama, menyediakan tempat meminjam dan membaca buku melalui Rumah Baca, Lapak Buku, dan kegiatan literasi bagi masyarakat Cepu. Kedua, peminjaman buku secara gratis. Ketiga, kegiatan literasi, meliputi: bedah buku atau Reading Club, diskusi isu yang sedang berkembang, temu penulis, belajar menulis cerpen, screening film, menulis dan membaca puisi. Faktor pendukung, yaitu kemauan dan kecakapan membaca pada masyarakat (pengunjung), akses literasi, alternatif teknologi dan hiburan sebagai pendukung budaya baca, upaya menanamkan budaya baca untuk membangun kebiasaan gemar membaca dan mendekatkan masyarakat dengan buku bacaan. Faktor penghambat, yaitu rendahnya daya beli buku dan kesadaran terhadap pentingnya membaca buku, minimnya sarana dan prasarana yang mendukung budaya baca, dan publikasi yang belum maksimal. Saran kepada komunitas Cepu Baca Buku, yaitu untuk menambah rumah baca di pusat Kecamatan Cepu sebagai alternatif agar masyarakat lebih tahu komunitas baca, menambah koleksi buku, sarana dan prasarana, serta memaksimalkan publikasi dengan menambah pengelolaan akun media sosial agar memperluas jaringan interaksi pada masyarakat. Bagi penggiat dan relawan Cepu Baca Buku untuk mampu menentukan tema-tema edukatif yang diharapkan mampu mengarahkan generasi muda pada hal-hal positif yang dapat memberikan nilai moral dalam kegiatan membaca dan diskusi dan lebih aktif dalam mengenalkan rumah baca, serta menyelenggarakan aktivitas kegiatan literasi. Bagi Pemustaka (Pengunjung) Cepu Baca Buku, yaitu (1) Bagi mahasiswa diharapkan ikut berperan dalam komunitas baca agar dapat meningkatkan minat baca masyarakat, (b) Bagi siswa SMA dan SMP agar meningkatkan kebiasaan membaca baik di sekolah maupun di luar sekolah, dan Meningkatkan buku yang dibaca tidak hanya buku fiksi/novel tetapi buku-buku yang dapat menambah wawasan pengetahuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Komunitas Baca, Kegiatan Literasi, Generasi Muda.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading > Reading Interest
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading > ability to read
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading > reading habits
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 14 Sep 2021 02:56
Last Modified: 14 Sep 2021 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46238

Actions (login required)

View Item View Item