TEKNIK ECOPRINT DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH MAWAR (ROSA SP.) PADA KAIN KATUN


Yesica Stefany Simanungkalit, 5401414062 (2020) TEKNIK ECOPRINT DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH MAWAR (ROSA SP.) PADA KAIN KATUN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TEKNIK ECOPRINT DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH MAWAR (ROSA SP.) PADA KAIN KATUN] PDF (TEKNIK ECOPRINT DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH MAWAR (ROSA SP.) PADA KAIN KATUN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Produksi bunga mawar yang meningkat seiring waktu dapat menyebabkan meningkatnya limbah bunga mawar yang dihasilkan. Untuk menambah nilai sustainability bunga mawar, salah satunya melalui ecoprint. Ecoprint merupakan metode menciptakan motif pada kain dengan tujuan konservasi. Dalam sistem pewarnaan dan pembuatan motif alami pada kain dibutuhkan mordan sebagai zat pengikat. Penelitian ini bertujuan menguji kombinasi premordan dan postmordan pada teknik ecoprint dengan kelopak bunga mawar pada kain katun (mori primissima). Metode penelitian adalah eksperimen. Metode pengumpulan data ialah melalui uji arah warna, kualitas motif, dan ketahanan luntur. Instrumen penelitian ialah angket. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Dari pengujian arah warna dan motif didapatkan kain menggunakan postmordan tawas menghasilkan motif dengan rentang warna biru hingga ungu, postmordan dengan tunjung menghasilkan motif dengan rentang warna biru gelap hingga ungu gelap, dan postmordan dengan kapur tohor menghasilkan warna kuning hingga cokelat. Kain dengan premordan tunjung (Fe2SO4) memiliki nilai ketajaman sebesar 80% dibandingkan yang menggunakan tawas dan kapur tohor (CaO) (20%). Uji ketahanan luntur terhadap pencucian menunjukkan kain dengan premordan tunjung dan postmordan kapur tohor memiliki hasil terbaik (93.33%) dan kain dengan premordan tunjung dan postmordan tunjung (81.33%). Simpulan hasil penelitian ialah kelopak bunga mawar dapat digunakan sebagai penghasil motif melalui ecoprint pada kain katun dengan kombinasi mordan tunjung dan kapur tohor karena menghasilkan ketajaman motif dan ketahanan luntur yang paling baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ecoprint, bunga mawar, katun, arah warna, premordan, postmordan, ketahanan luntur.
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Sep 2021 02:07
Last Modified: 14 Sep 2021 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46233

Actions (login required)

View Item View Item