ANALISIS KONJOIN UNTUK MENGINDETIFIKASI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP BUSANA PESTA DI BUTIK FENNY CHEN


Felayana Isfar, 5401414060 (2020) ANALISIS KONJOIN UNTUK MENGINDETIFIKASI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP BUSANA PESTA DI BUTIK FENNY CHEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KONJOIN UNTUK MENGINDETIFIKASI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP BUSANA PESTA DI BUTIK FENNY CHEN] PDF (ANALISIS KONJOIN UNTUK MENGINDETIFIKASI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP BUSANA PESTA DI BUTIK FENNY CHEN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini selera masyarakat terhadap busana khususnya busana pesta mengalami perubahan yang sangat cepat baik dari segi siluet, bahan, warna, hingga tekstur busana. Berdasarkan survey yang yang lakukan di beberapa butik di Kota Semarang, banyaknya desain seiring berjalannya era tentu membuat konsumen fashion menginginkan desain yang sesuai. Sebagian konsumen sebuah butik bahkan telah memiliki presepsi tersendiri untuk busana yang diinginkannya, mulai dari bahan, warna, bentuk siluet, hingga tekstur busana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana preferensi konsumen terhadap busana pesta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis konjoin, dimana data sample yang diambil adalah preferensi konsumen Butik Fenny Chen sebanyak 65 responden. Indikator yang diteliti ada 4 yaitu Siluet, Bahan, Warna, dan Tekstur. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner sesuai dengan teknik pengambilan data analisis konjoin. Langkah-langkah analisis konjoin yaitu menentukan Atribut/indikator, mendesain stimuli dengan SPSS, melakukan uji coba insrumen, mengumpulkan pendapat responden terhadap setiap stimuli, melakukan proses konjoin, dan melihat hasil konjoin serta predictive accuracy. Hasil dari penelitian ini adalah dengan diketahuinya busana pesta yang paling diinginkan konsumen Butik Fenny Chen adalah busana pesta dengan siluet A line, berbahan tile, berwarna lembut, dan bertekstur mengkilap. Dalam memilih busana pesta, konsumen cenderung mementingkan bahan busana terlebih dahulu dengan nilai kepentingan sebesar 29.149%, kemudian diikuti oleh warna busana dengan nilai kepentingan sebesar 27.667%, kemudian siluet busana dengan nilai kepentingan sebesar 23.203%, dan yang terkahir tekstur busana dengan nilai kepentingan sebesar 19.98%. Pada output korelasi untuk mengukur predictive accuracy didapat nilai korelasi yang tinggi dan signifikan. Nilai korelasi Pearson’s R, Kendall’s teu, dan Kendall’s teu untuk holdout berturut-turut yaitu 0.977, 0844, dan 1 dengan signifikasi dibawah 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil output memiliki ketepatan akurasi yang tinggi dan pendapat dari 65 konsumen bisa diterima untuk menggambarkan keinginan populasi konsumen busana pesta di Butik Feny Chen. Indikator Tekstur memiliki nilai kepentingan yang paling rendah. Untuk meningkatkannya, diharapkan dilakukan inovasi mode yang membuat tekstur menjadi lebih menarik untuk diperhatikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Konjoin, Preferensi Konsumen, Busana Pesta
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Sep 2021 02:04
Last Modified: 14 Sep 2021 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46232

Actions (login required)

View Item View Item