SUBSTITUSI TEPUNG TERI TERHADAP DAYA TERIMA, KANDUNGAN KALSIUM DAN PROTEIN PADA TELUR GABUS


Isna Aliya Shofa, 5401413061 (2020) SUBSTITUSI TEPUNG TERI TERHADAP DAYA TERIMA, KANDUNGAN KALSIUM DAN PROTEIN PADA TELUR GABUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SUBSTITUSI TEPUNG TERI TERHADAP DAYA TERIMA, KANDUNGAN KALSIUM DAN PROTEIN PADA TELUR GABUS] PDF (SUBSTITUSI TEPUNG TERI TERHADAP DAYA TERIMA, KANDUNGAN KALSIUM DAN PROTEIN PADA TELUR GABUS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Telur gabus merupakan salah satu kue kering dengan ciri khas berbentuk bulat lonjong dengan ujung runcing seperti cabai, bagian dalam tidak berlubang, permukaan halus, tekstur renyah, rasanya gurih. Seiring perkembangan dalam bidang makanan, peneliti melakukan eksperimen terhadap telur gabus yang disubstitusi dengan tepung teri untuk meningkatkan pemanfaatan ikan teri. Pembuatan telur gabus substitusi tepung teri dengan persentase yang berbeda yaitu 5%, 7,5%, dan 10%, pemberian perlakuan yang berbeda dimaksudkan untuk mengetahui daya terima dari telur gabus substitusi tepung teri. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui daya terima masyarakat terhadap telur gabus substitusi tepung teri dengan persentase 5%, 7,5%, dan 10% ditinjau dari rasa, warna, dan aroma. 2) Mengetahui kandungan kalsium dan protein pada telur gabus hasil eksprimen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Obyek penelitian ini adalah telur gabus substitusi tepung teri. Desain eksperimen Posttest-Only Control Design. Variabel bebasnya substitusi tepung teri dalam pembuatan Telur Gabus dengan persentase yang berbeda, yaitu 5%, 7,5%, dan 10%. Variabel terikatnya daya terima Telur Gabus hasil eksperimen yang ditinjau dari aspek rasa,warna,tekstur, dan aroma. Metode analisis data yang digunakan untuk uji daya terima yaitu deskriptif persentase , uji laboratorium untuk unsur protein menggunakan metode Uv-Vis Spectrofotometri dan unsur kalsium dengan metode Atomic Absorption Spectrophotometer (AAS). Hasil penelitian menunjukkan 1) Telur gabus kontrol sangat disukai masyarakat untuk aspek warna dan untuk aspek tekstur, rasa dan aroma disukai, sedangkan telur gabus substitusi tepung teri 5%, 7,5%, dan 10% disukai masyarakat untuk semua aspek yaitu warna, tekstur, rasa maupun aroma. 2) Kandungan kalsium sampel kontrol 1,456 mg/L, sampel 5% 0,741 mg/L, sampel 7,5% 0,858 mg/L, dan sampel 10% 0,740 mg/L. Kandungan protein sampel kontrol 2,82%, sampel 5% 2,77%, sampel 7,5% 2,52%, dan sampel 10% 2,42%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Telur Gabus, Tepung Teri, Kandungan Kalsium, Kandungan Protein
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY2 Tata Boga S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:57
Last Modified: 14 Sep 2021 01:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46228

Actions (login required)

View Item View Item