ANALISIS SENTIMEN TWITTER BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN ALGORITMA CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK


Sartini, 5302416006 (2020) ANALISIS SENTIMEN TWITTER BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN ALGORITMA CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS SENTIMEN TWITTER BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN ALGORITMA CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK] PDF (ANALISIS SENTIMEN TWITTER BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN ALGORITMA CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Analisis sentimen dalam bidang natural language processing telah dikembangkan menggunakan metode seperti machine learning dan deep learning. Namun, penelitian analisis sentimen yang dilakukan di Indonesia masih menggunakan metode machine learning yang menyebabkan akurasi yang dihasilkan belum optimal. Dalam skripsi ini, algoritma Convolutional Neural Network (CNN) digunakan untuk mendapatkan akurasi yang lebih tinggi untuk diterapkan pada Indonesian-Sentiment-Analysis-Dataset yang terdiri dari 10.806 tweet berbahasa Indonesia. Variasi 12 model CNN dikembangkan dengan konfigurasi parameter yang berbeda pada convolutional layers, filter size, dan number of filters yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Python pada Google Colaboratory. Model Word2vec berbahasa Indonesia diterapkan sebagai representasi kata dalam bentuk vektor. Desain kerangka kerja sistem analisis sentimen dibagi menjadi tiga bagian yaitu persiapan data, sistem training dan testing dengan 80% data sebagai data training dan 20% sebagai data testing, dan output sebagai evaluasi atau ukuran kinerja model yang dikembangkan dalam bentuk grafik. Hasil menunjukkan bahwa algortima CNN untuk analisis sentimen pada dataset umum berbahasa Indonesia memperoleh akurasi yang lebih tinggi dibandingkan algortima machine learning seperti Support Vector Machine (SVM), K-Nearest Neighbor (KNN), dan Stochastic Gradient Descent (SGD). Algoritma CNN memperoleh akurasi sebesar 81,4%, SVM memperoleh akurasi sebesar 61,4%, KNN sebesar 52,3%, dan SGD sebesar 62,1%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, CNN, Twitter, Word2vec.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:30
Last Modified: 14 Sep 2021 01:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46222

Actions (login required)

View Item View Item