PENGENALAN HEWAN DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID


Maria Perangin Angin, 5302415060 (2020) PENGENALAN HEWAN DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGENALAN HEWAN DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID] PDF (PENGENALAN HEWAN DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan TIK saat ini sudah merambah ke dunia pendidikan. Salah satunya dengan menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran. Teknologi Augmented Reality (AR) dapat diterapkan sebagai media pembelajaran untuk anak-anak dimana anak-anak membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran pengenalan hewan berbasis android dengan menerapkan teknologi Augmented Reality (AR). Pengembangan media pembelajaran menggunakan metode waterfall. Media pembelajaran ini berbasis Augmented Reality (AR), dibuat dengan menggunakan berbagai macam software antara lain Unity, Blender yang diimplementasikan pada platform Android. Media pembelajaran diuji secara fungsional serta kelayakannya oleh ahli media dan materi. Penerapan media pembelajaran dilakukan pada TK 3 Pertiwi dengan menggunakan metode uji usability. Hasil uji validasi media pembelajaran dari aspek media dan materi sebesar 94,31% dan 85,41%, keduanya masuk dalam kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran pengenalan hewan layak dan efektif dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran bagi anak usia taman kanak-kanak dalam pembelajaran pengenalan hewan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality (AR), Android, Pembelajaran Pengenalan Hewan
Subjects: T Technology > Information and Computer > Information System
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:22
Last Modified: 14 Sep 2021 01:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46219

Actions (login required)

View Item View Item