SISTEM INFORMASI SMK NURUL QUR’AN PATI BERBASIS WEB


Mursyidatun Naimmah, 5302415049 (2020) SISTEM INFORMASI SMK NURUL QUR’AN PATI BERBASIS WEB. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SISTEM INFORMASI SMK NURUL QUR’AN PATI BERBASIS WEB] PDF (SISTEM INFORMASI SMK NURUL QUR’AN PATI BERBASIS WEB) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi informasi tidak hanya merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi sebuah institusi pendidikan, akan tetapi juga memberikan nilai lebih bagi institusi tersebut. SMK Nurul Qur’an Pati belum mempunyai sistem informasi sekolah yang baik dan membutuhkan sistem informasi tersebut untuk menunjang akreditasi sekolah. Sehingga dibutuhkan sistem informasi yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan sekolah. Penelitian yang dilakukan antara lain: (1) Membangun web SMK Nurul Qur’an Pati (2) Mengetahui kehandalan web (3) Mengetahui keefektifan hasil implementasi web. Manfaat web tersebut bagi SMK Nurul Qur’an Pati untuk memudahkan pengelolaan proses kegiatan administrasi sekolah dan dapat meningkatkan kualitas serta efisiensi dalam kinerja sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) atau R&D yang dikombinasikan dengan desain pembuatan sistem menggunakan metode pengembangan (System Development Life Cycle) yang menerapkan waterfall model untuk pembuatan dan pengembangan perangkat lunak. Web SMK Nurul Qur’an Pati ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman PHP, database MYSQL dan framework CodeIgniter. Pengujian validitas dan kelayakan web oleh ahli media dan ahli materi. Pengujian kehandalan web menurut standar ISO 25010 dengan aspek functional suitability, performace testing dan usability. Implementasi sistem di SMK Nurul Qur’an Pati dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui keefektifan hasil implementasi sistem. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut diketahui bahwa (1) Dalam membangun Sistem Informasi SMKNQ Pati Berbasis Web ada beberapa tahapan yaitu pengumpulan kebutuhan sistem, pembuatan desain dan pengkodean (2) Hasil pengujian ahli media sebesar 74% layak dan disetujui ahli media. Sedangkan hasil pengujian ahli materi sebesar 93% sesuai dengan standar materi yang terdapat pada sistem informasi SMK (3) Hasil uji kualitas perangkat lunak ditinjau dari aspek functional suitability diperoleh persentase sebesar 100%. Sedangkan hasil performance testing menggunakan GTmetrix dengan mesin analisa PageSpeed Insights diperoleh hasil sebesar 97% dan mesin analisa Yslow diperoleh hasil sebesar 86%. Untuk pengujian usability mendapatkan persentase sebesar 89,3% (Sangat Layak). Web ini masih mempunyai banyak kekurangan dari segi kelengkapan menu dan tampilan sistem, sehingga, diharapkan semoga penelitian selanjutnya dapat melakukan pengembangan untuk menutup kekurangan dan agar lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi, sekolah, web.
Subjects: T Technology > Information and Computer > Website
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:14
Last Modified: 14 Sep 2021 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46216

Actions (login required)

View Item View Item