MEDIA PEMBELAJARAN TAKSONOMI HEWAN BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN FITUR MULTI TARGET


Arif Widodo, 5302415048 (2020) MEDIA PEMBELAJARAN TAKSONOMI HEWAN BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN FITUR MULTI TARGET. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MEDIA PEMBELAJARAN TAKSONOMI HEWAN BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN FITUR MULTI TARGET] PDF (MEDIA PEMBELAJARAN TAKSONOMI HEWAN BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN FITUR MULTI TARGET) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelajaran Biologi memanfaatkan media sebagai alat bantu belajar, salah satu materinya adalah taksonomi hewan. Menggunakan media buku dan pengamatan hewan, siswa dituntut mengamati, mengidentifikasi, dan memahami klasifikasi hewan. Alat peraga rusak maupun gambar buku yang kurang jelas, membuat suasana belajar kurang mendukung. Teknologi augmented reality (AR) dapat menampilkan objek melalui penanda/marker. AR dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran. Pada AR metode markerless dengan image target digunakan untuk mengatasi marker berpola hitam putih dan fitur multi target untuk menampilkan objek lebih dari satu. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat dan mengetahui kelayakan aplikasi AR dengan fitur multi target sebagai media belajar khususnya taksonomi hewan. Penelitian ini mengadaptasi model Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation atau disingkat ADDIE. Media dibuat menggunakan teknologi AR dengan metode markerless dan fitur multi target berbantu software Vuforia dan Unity3D. Pengujian blackbox terdiri dari pengujian fungsi dan deteksi marker dilakukan dilakukan sebelum validasi oleh ahli. Validitas produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, guru dan siswa untuk hasil respon pengguna. Subjek pada penelitian ini guru Biologi dan siswa kelas IPA di SMA N 12 Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan jika media yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran Biologi sub bab taksonomi hewan vertebrata. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil persentase skor validasi ahli media sebesar 80,26%, persentase validasi ahli materi sebesar 91,25%, persentase skor uji pengguna sebesar 84,23% untuk siswa dan 94,53% untuk guru Biologi. Berdasarkan hasil persentase tersebut maka, media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan pada saat proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Biologi, Taksonomi hewan, Vertebrata.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:11
Last Modified: 14 Sep 2021 01:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46215

Actions (login required)

View Item View Item