ANALISIS JARAK DAN INTENSITAS CAHAYA PADA METODE MARKER USER DEFINED TARGET AUGMENTED REALITY TATA SURYA


Ahmad Najib Zuliyanto, 5302415047 (2020) ANALISIS JARAK DAN INTENSITAS CAHAYA PADA METODE MARKER USER DEFINED TARGET AUGMENTED REALITY TATA SURYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS JARAK DAN INTENSITAS CAHAYA PADA METODE MARKER USER DEFINED TARGET AUGMENTED REALITY TATA SURYA] PDF (ANALISIS JARAK DAN INTENSITAS CAHAYA PADA METODE MARKER USER DEFINED TARGET AUGMENTED REALITY TATA SURYA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi augmented reality pada umumnya menggunakan marker khusus untuk menjalankan aplikasi (marker based). Penggunaan marker tersebut membuat aplikasi menjadi ketergantungan, karena aplikasi tidak dapat dijalankan untuk membaca marker secara real-time. Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan objek 3 dimensi pada lingkungan augmented reality secara real-time tanpa menggunakan marker khusus. Aplikasi dibuat menggunakan metode markerless user defined target dan melakukan pengujian tentang pemanfaatan metode tersebut menggunakan parameter seperti jarak,intensitas cahaya dan sudut kamera pada saat tracking. Hasil dari penelitian di dapat bahwa intensitas cahaya minimum yang dapat digunakan untuk mendeteksi marker adalah 200 lux, dan intensitas cahya terbaik untuk membaca marker adalah 700 lux. Jarak ideal yang di gunakan untuk membaca marker adalah 10cm sampai 60cm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Markerless, User Defined Target, Android
Subjects: T Technology > Information and Computer > Information System
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:05
Last Modified: 14 Sep 2021 01:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46214

Actions (login required)

View Item View Item