PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET, STRUKTUR KEPEMILIKAN, DAN PROFITABILITAS PADA KEPUTUSAN PENDANAAN


Eva Yuni Risnaeni, NIM 7311416198 (2021) PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET, STRUKTUR KEPEMILIKAN, DAN PROFITABILITAS PADA KEPUTUSAN PENDANAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET, STRUKTUR KEPEMILIKAN, DAN PROFITABILITAS PADA KEPUTUSAN PENDANAAN] PDF (PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET, STRUKTUR KEPEMILIKAN, DAN PROFITABILITAS PADA KEPUTUSAN PENDANAAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: Debt to Equity Ratio, Investment Opportunity Set, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Profitabilitas. Keputusan pendanaan merupakan keputusan penting bagi perusahaan karena keputusan ini menjadi pusat dari ketiga keputusan utama dalam manajemen keuangan yang akan mempengaruhi posisi keuangan perusahaan secara langsung. Fenomena sepanjang tahun 2014-2018 menunjukkan bahwa perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia memiliki tingkat hutang dan debt to equity ratio yang terus meningkat sehingga proporsi hutang masih mendominasi dalam struktur modal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh investment opportunity set (IOS), kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan profitabilitas terhadap keputusan pendanaan perusahaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Sampel yang memenuhi kriteria berdasarkan teknik purposive sampling sebanyak 83 perusahaan dengan periode pengamatan selama 5 tahun sehingga diperoleh jumlah observasi sebanyak 415 unit. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi/data sekunder. Data dianalisis menggunakan metode regresi data panel dan diolah menggunakan software Eviews version 9. Hasil penelitian membuktikan bahwa investment opportunity set (IOS) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pendanaan, sedangkan kepemilikan institusional dan profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan pendanaan. Namun, kepemilikan manajerial terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pendanaan. Bagi perusahaan dan investor disarankan dapat memperhatikan kepemilikan institusional dan profitabilitas, khususnya pada saat adanya kesempatan investasi/ IOS karena hal tersebut terbukti berpengaruh terhadap keputusan pendanaan. Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat mengembangkan tema sejenis dengan menambahkan variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan pendanaan, mengubah proksi kepemilikan manajerial, dan menambahkan proksi IOS agar mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Debt to Equity Ratio, Investment Opportunity Set, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 08:53
Last Modified: 13 Sep 2021 08:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46209

Actions (login required)

View Item View Item