PENGARUH HUMAN CAPITAL DAN PRODUCT INNOVATION TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING


SALMA NUR SEKAR AYU, NIM 7311416196 (2021) PENGARUH HUMAN CAPITAL DAN PRODUCT INNOVATION TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH HUMAN CAPITAL DAN PRODUCT INNOVATION TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING] PDF (PENGARUH HUMAN CAPITAL DAN PRODUCT INNOVATION TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Human Capital, Product Innovation, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran. Kinerja pemasaran merupakan hal penting pada industri kecil dan menengah, dengan adanya kinerja pemasaran yang baik maka penjualan akan semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah human capital dan product innovation berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, serta mengetahui apakah keunggulan bersaing mampu memediasi human capital dan product innovation terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah usaha mikro, kecil dan menengah keramik di Banjarnegara sebanyak 140 UMKM. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 104 responden dengan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis jalur dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel human capital dan product innovation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, selanjutnya keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji path analysis juga menunjukan bahwa keunggulan bersaing mampu memediasi hubungan antara human capital dan product innovation terhadap kinerja pemasaran. Tinggi rendahnya human capital dan product innovation mempengaruhi kinerja pemasaran pada usaha mikro, kecil dan menengah keramik di Kabupaten Banjarnegara. Keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran sehingga dapat memediasi hubungan human capital dan product innovation terhadap kinerja pemasaran pada usaha mikro, kecil, dan menengah di Kabupaten Banjarnegara. Saran untuk usaha mikro, kecil dan menengah di Kabupaten Banjarnegara agar lebih berani lagi untuk meningkatkan keunggulan bersaing sehingga tidak hanya memproduksi keramik sesuai pesanan pelanggan saja, selain itu melakukan promosi secara berkelanjutan dan meningkatkan pelayanan untuk mempertahankan pelanggan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Human Capital, Product Innovation, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 08:50
Last Modified: 13 Sep 2021 08:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46208

Actions (login required)

View Item View Item