PENGARUH CONSUMER-BASED BRAND EQUITY DAN BRAND PERFORMANCE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
JORDA KALISTA, NIM 7311416180 (2021) PENGARUH CONSUMER-BASED BRAND EQUITY DAN BRAND PERFORMANCE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH CONSUMER-BASED BRAND EQUITY DAN BRAND PERFORMANCE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci: Consumer-Based Brand Equity, Brand Performance, Keputusan Pembelian, Loyalitas Pelanggan. Loyalitas Pelanggan merupakan hal penting pada bisnis yang sangat kompetitif sekarang ini di bidang maskapai penerbangan, dengan adanya loyalitas pelanggan yang baik maka penjualan akan semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah consumer-based brand equity dan brand performance berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, serta mengetahui apakah keputusan pembelian mampu memediasi consumer-based brand equity dan brand performance terhadap loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan maskapai Lion Air di Kota Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 116 responden dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis jalur dengan bantuan program Statistik SPSS v21. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel consumer-based brand equity dan brand performance memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan, selanjutnya keputusan pembelian memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji path analysis juga menunjukan bahwa keputusan pembelian mampu memediasi hubungan antara consumer-based brand equity dan brand performance terhadap loyalitas pelanggan. Tinggi rendahnya consumer-based brand equity dan brand performance mempengaruhi loyalitas pelanggan pada konsumen Lion Air di Kota Semarang. Keputusan pembelian berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan sehingga dapat memediasi hubungan consumer-based brand equity dan brand performance terhadap loyalitas pelanggan pada konsumen Lion Air di Kota Semarang. Saran untuk pihak Lion Air di Kota Semarang agar mempertahankan dan meningkatkan consumer-based brand equity dan kinerja dari Lion Air itu sendiri untuk mendorong keputusan pembelian dan dapat menciptakan pelanggan yang loyal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Consumer-Based Brand Equity, Brand Performance, Keputusan Pembelian, Loyalitas Pelanggan. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 08:47 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 08:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46207 |
Actions (login required)
View Item |