PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL DAN FAKTOR INTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


AFIFAH FAUZIA RAHMA, 7311416173 (2020) PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL DAN FAKTOR INTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL DAN FAKTOR INTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING] PDF (PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL DAN FAKTOR INTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Kinerja Perusahaan, Inflasi, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Modal. Kinerja perusahaan yang baik merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan pengelolaan perusahaan agar terus dapat bertahan dan bersaing. Kinerja perusahaan merupakan cerminan kegiatan operasional, investasi, dan pendanaan perusahaan. Kinerja perusahaan yang semakin baik akan mencerminkan kesan yang semakin baik pula kepada investor. Oleh karena itu, perusahaan akan terus berupaya untuk meningkatkan kinerja perusahaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inflasi, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan terhadap kinerja perusahaan dengan menambahkan variabel struktur modal sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersumber dari data sekunder. Populasi yang dipilih adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang menghasilkan 96 sampel perusahaan dengan periode 5 tahun. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linier berganda dan analisis jalur menggunakan aplikasi Eviews 9. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel inflasi, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Ukuran perusahaan dan struktur modal berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, sedangkan inflasi dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Struktur modal tidak mampu memediasi hubungan variabel inflasi, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan terhadap kinerja perusahaan. Simpulan dari penelitian ini adalah inflasi, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Inflasi dan pertumbuhan penjualan juga tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Ukuran perusahaan dan struktur modal berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Disimpulkan juga bahwa struktur modal tidak mampu memediasi hubungan variabel independen terhadap kinerja perusahaan. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu diharapkan dapat menambah variabel eksternal maupun internal lainnya, juga dapat menambah variabel lainnya untuk mengukur kinerja perusahaan karena hasil menunjukkan tingkat pengaruh variabel dependen yang rendah. Bagi manajemen perusahaan agar lebih memperhatikan baik faktor internal maupun eksternal perusahaan guna memaksimalkan kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kinerja Perusahaan, Inflasi, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Modal
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 08:43
Last Modified: 13 Sep 2021 08:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46206

Actions (login required)

View Item View Item