PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PELUANG PERTUMBUHAN, DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Helmi Khairunnisa Putri Kaylsi, NIM 7311416169 (2021) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PELUANG PERTUMBUHAN, DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PELUANG PERTUMBUHAN, DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING] PDF (PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PELUANG PERTUMBUHAN, DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: Ukuran Perusahaan, Peluang Pertumbuhan, Struktur Aktiva, Struktur Modal, Kinerja Perusahaan. Salah satu aspek penting dalam perusahaan adalah kinerja perusahaan. Dalam kinerja perusahaan terdapat aspek kinerja keuangan yang menjadi hal penting untuk diukur agar dapat mengetahui gambaran kondisi keuangan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, peluang pertumbuhan, dan struktur aktiva terhadap kinerja keuangan dengan struktur modal sebagai variabel intervening. Penelitian ini diharapkan mampu berkontribusi dalam berbagai pengambilan keputusan dalam perusahaan dan menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan properti dan real estat yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, sebanyak 35 perusahaan terpilih sebagai sampel dengan jumlah 175 observasi. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ukuran perusahaan dan peluang pertumbuhan berpengaruh positif terhadap struktur modal sedangkan struktur aktiva berpengaruh negatif terhadap struktur modal. Struktur modal, ukuran perusahaan, dan struktur aktiva berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan, peluang pertumbuhan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Struktur modal tidak mampu memediasi variabel independen terhadap kinerja keuangan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa manajemen tidak mengoptimalkan adanya pertambahan aset untuk penambahan struktur modal dan tidak mengoptimalkan peluang pertumbuhan perusahaan guna meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian selanjutnya disarankan dapat menggunakan variabel independen yang mugkin dapat digunakan adalah inflasi, risiko kredit, risiko pasar, dan lain sebagainya. Selain itu, juga dapat menambahkan variabel terkait dengan good corporate governance. Pada penelitian selanjutnya juga dapat mencari alternatif lain yang mampu memperkuat hubungan antara variabel independen terhadap kinerja perusahaan seperti kebijakan deviden.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Ukuran Perusahaan, Peluang Pertumbuhan, Struktur Aktiva, Struktur Modal, Kinerja Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 08:32
Last Modified: 13 Sep 2021 08:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46205

Actions (login required)

View Item View Item