IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI ADVANCED ENCRYPTION STANDARD UNTUK MENGAMANKAN DATA SOAL UJIAN


Rina Tri Pangestuti, 5302414094 (2020) IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI ADVANCED ENCRYPTION STANDARD UNTUK MENGAMANKAN DATA SOAL UJIAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI ADVANCED ENCRYPTION STANDARD UNTUK MENGAMANKAN DATA SOAL UJIAN] PDF (IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI ADVANCED ENCRYPTION STANDARD UNTUK MENGAMANKAN DATA SOAL UJIAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat membuat dokumen dalam kehidupan kita berkembang menjadi data digital. Seiring dengan perubahan tersebut muncul masalah mengenai keamanan data, terutama dalam kerahasiaan ketersediaan dan integritas data. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu diiringi dengan pengembangan sistem keamanan yang lebih baik untuk menjaga keamanan dan integritas data. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem keamanan data dengan mengimplementasikan kriptografi pada pesan teks atau isi file dokumen dengan melakukan perhitungan algoritma Advanced Encryption Standard (AES). AES merupakan algoritma cryptography yang dapat digunakan untuk mengamakan data dimana algoritmanya adalah blokchiper simetrik yang dapat mengenkripsi dan dekripsi informasi. Program ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, Javascript dan MySQL. Teknik pengujian yang digunakan menggunakan uji White-box untuk menguji keakuratan algoritma. Hasil implementasi dan pengujian algoritma Advanced Encryption Standard (AES) menunjukan bahwa pengguna dapat melakukan proses enkripsi dan dekripsi dengan baik pada pesan teks atau isi file dokumen dan memperoleh hasil uji yang valid. Diharapkan pada penelitian selanjutnya algoritma Advanced Encryption Standard (AES) dapat diimplementasikan bersama algoritma lainnya untuk memperkuat tingkat keamanan enkripsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kriptografi, Advanced Encryption Standard, Uji White-box
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:38
Last Modified: 13 Sep 2021 07:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46201

Actions (login required)

View Item View Item