RANCANG BANGUN E-PORTFOLIO BERBASIS WEBSITE UNTUK MENILAI KINERJA GURU (STUDI KASUS DI TIGA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN MAGELANG)


Yunianti Eka Prastiwi, 5302414008 (2020) RANCANG BANGUN E-PORTFOLIO BERBASIS WEBSITE UNTUK MENILAI KINERJA GURU (STUDI KASUS DI TIGA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN MAGELANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of RANCANG BANGUN E-PORTFOLIO BERBASIS WEBSITE UNTUK MENILAI KINERJA GURU (STUDI KASUS DI TIGA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN MAGELANG)] PDF (RANCANG BANGUN E-PORTFOLIO BERBASIS WEBSITE UNTUK MENILAI KINERJA GURU (STUDI KASUS DI TIGA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN MAGELANG)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penilaian kinerja guru diperlukan dalam dunia pendidikan untuk mengukur sejauh mana kualitas guru dalam bekerja. Penilaian kinerja guru yang masih dilakukan di beberapa Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Magelang masih menggunakan cara manual sehingga masih membutuhkan banyak waktu dan masih harus mengumpulkan berkas-berkas yang diperlukan. Dalam penelitian ini penulis membuat e-portfolio berbasis website penilaian kinerja guru yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang terjadi di SMP di Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Waterfall. Dalam metode pengembangan ini melalui lima tahapan yaitu communication, planning, modeling, construction, dan deployment. Pengujian kelayakan yang dilakukan menggunakan pengujian blackbox, uji pengguna, dan uji ahli. Hasil pengujian yang telah dilakukan dari pengujian blackbox adalah semua fungsi dalam E-portfolio berjalan dengan baik sesuai hasil yang diharapkan. Hasil pengujian kelayakan dari uji pengguna dan uji ahli menunjukkan bahwa e-portfolio berbasis website untuk menilai kinerja guru sangat layak untuk digunakan. Dari penelitian yang dilakukan dalam pembuatan e-portfolio berbasis website untuk menilai kinerja memudahkan pengguna dalam melakukan penilaian kinerja guru. Saran untuk pengembangan e-portfolio yang lebih lanjut yaitu dengan penambahan fitur history untuk menyimpan aspek-aspek penilaian kinerja guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: :E-portolio, penilaian kinerja guru, Waterfall
Subjects: T Technology > Information and Computer > Information System
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:30
Last Modified: 13 Sep 2021 07:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46199

Actions (login required)

View Item View Item