PEMBANGUNAN APLIKASI LIVE TEXTURING BANGUN RUANG DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY


Azis Nur Cholis, 5302413066 (2021) PEMBANGUNAN APLIKASI LIVE TEXTURING BANGUN RUANG DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBANGUNAN APLIKASI LIVE TEXTURING BANGUN RUANG DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY] PDF (PEMBANGUNAN APLIKASI LIVE TEXTURING BANGUN RUANG DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi Augmented Reality adalah teknologi yang memungkinkan penggabungan obyek – obyek virtual tiga dimensi dengan realita sebenarnya. Teknologi Augmented Reality ini dapat menampilkan obyek virtual 3 dimensi dan dibuat semirip mungkin dengan bentuk sebenarnya. Dunia Pendidikan juga tidak lepas dari perkembangan teknologi augmented reality, karena penggunaan teknologi ini mampu menyediakan akses ke informasi dan cara baru untuk berinteraksi dengan materi dan subjek pembelajaran. Salah satu mata pelajaran yang memerlukan media adalah matematika, khususnya materi bangun ruang. Oleh karena itu, diperlukan aplikasi live texturing bangun ruang dengan menggunakan teknologi augmented reality agar membantu proses pembelajaran bangun ruang. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan aplikasi Waterfall. Model waterfall adalah model klasik yang bersifat sistematis dan berurutan dalam membangun sebuah software. Model waterfall memiliki lima tahapan, yaitu komunikasi, perencanaan, pemodelan, implementasi, dan distribusi. Aplikasi live texturing bangun ruang dengan teknologi augmened reality ini dapat digunakan sebagai alat bantu untuk memberikan pengalaman baru pada siswa dalam belajar materi bangun ruang serta diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Aplikasi live texturing dengan teknologi augmented reality juga dapat digunakan oleh siswa untuk belajar secara mandiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: augmented reality, live texturing, android, tiga dimensi, bangun ruang
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:17
Last Modified: 13 Sep 2021 07:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46196

Actions (login required)

View Item View Item