SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DENGAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS


Dhanu Priandoyo, 5302413049 (2020) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DENGAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DENGAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS] PDF (SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DENGAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

SMKN 3 Sukoharjo merupakan salah satu SMK di Kabupaten Sukoharjo yang memiliki jurusan antara lain: teknik otomotif (kendaraan ringan), bisnis daring dan pemasaran, akuntansi dan keuangan lembaga, perhotelan dan tata boga. Penjurusan akan disesuaikan dengan kemampuan akademik dan minat siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan menerapkan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) dalam perhitungan pemilihan jurusan di SMKN 3 dengan kriteria utama yang digunakan adalah 5 mata pelajaran pokok (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris), akreditasi jurusan, nilai tes fisik dan hasil jawaban kuesioner tentang bakat dan minat serta membuat sistem pendukung keputusan penjurusan di SMKN 3 dengan menggunakan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP). Metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Metode waterfall ini memiliki 4 tahapan dalam prosesnya. Adapun tahapannya yaitu Analysis, Design, Code, Testing. Dalam pengembangan sistem ini menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database serta perhitungan dalam sistem menggunakan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP). Penelitian ini menghasilkan sistem pendukung keputusan (SPK) dengan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) berbasis aplikasi website yang membantu calon siswa serta orang tua dalam memberikan gambaran jurusan yang sesuai dengan kemampuan calon siswa berdasarkan pada nilai pada bidang mata pelajaran tertentu serta hasil tes minat bakat yang menggunakan metode Rothwell Miller Interest Bank (RMIB). Berdasarkan dari pengujian yang sudah dilakukan menunjukkan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan SMK dengan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) layak untuk digunakan. Hal didasarkan pada pengujian persentase uji black-box 100% dimana semua fungsi pada sistem sudah berjalan dengan baik. Pengujian juga dilakukan dengan membandingkan perhitungan manual dengan perhitungan otomatis dari sistem pendukung keputusan (SPK) menunjukkan hasil yang sama atau identik yang artinya bahwa sistem sudah sesuai dengan desain yang dirancang dan bisa digunakan dalam membantu pemilihan jurusan SMK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy Analytical Hierarchy Proces (F-AHP), Rothwell Miller Interest Bank (RMIB).
Subjects: L Education > L Education (General) > Individual Counseling Services
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:08
Last Modified: 13 Sep 2021 07:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46194

Actions (login required)

View Item View Item