PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN BEASISWA BIDIKMISI MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (Technique for Other Preference by Simularity to Ideal Solution)


Efa Emilia, 5302413031 (2020) PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN BEASISWA BIDIKMISI MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (Technique for Other Preference by Simularity to Ideal Solution). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN BEASISWA BIDIKMISI MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (Technique for Other Preference by Simularity to Ideal Solution)] PDF (PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN BEASISWA BIDIKMISI MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (Technique for Other Preference by Simularity to Ideal Solution)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi secara tepat waktu. Proses penyeleksian penerima beasiswa menggunakan kriteria informasi jumlah tanggungan keluarga, informasi rumah, kondisi rumah, MCK dan penerangan, lingkungan rumah, perabotan rumah tangga dan elektronik, informasi sosial ekonomi keluarga, kepemilikan aset dan sarana transportasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode TOPSIS dalam perhitungan pemilihan calon penerima beasiswa bidikmisi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Terdapat enam tahapan dalam metode R&D yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, revisi desain, validasi desain, dan terakhir adalah uji coba produk. Sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa pemprogaman PHP, MySQL sebagai database dan menggunakan metode TOPSIS dalam perhitungan sistem. Produk dari penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan menggunakan metode topsis berbasis aplikasi web yang membantu pihak perguruan tinggi dalam menentukan calon mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi berdasar kriteria yang telah ditentukan oleh kementrian riset dikti. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan seleksi calon penerima beasiswa bidikmisi menggunakan metode topsis layak digunakan. Hal tersebut didasarkan pada pengujian blackbox 100% dimana semua fitur dapat berjalan dengan baik. Pengujian juga dilakukan dengan membandingkan perhitungan manual dan perhitungan pada sistem yang menunjukkan hasil yang sama. Dengan demikian sistem pendukung keputusan bisa digunakan dalam membantu proses seleksi calon penerima beasiswa bidikmisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem pendukung keputusan, bidimisi, TOPSIS(Technique For Other Preference By Simularity To Ideal Solution) , R&D
Subjects: T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:00
Last Modified: 13 Sep 2021 07:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46191

Actions (login required)

View Item View Item