PENANAMAN NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN JENDRAL SOEDIRMAN TERHADAP SISWA DI 3 SMA KABUPATEN PURBALINGGA (POKOK BAHASAN USAHA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA )


Dede Yuliarti, 3101416063 (2020) PENANAMAN NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN JENDRAL SOEDIRMAN TERHADAP SISWA DI 3 SMA KABUPATEN PURBALINGGA (POKOK BAHASAN USAHA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_Dede Yuliarti_3101416063_Pendidikan Sejarah_Fis Unnes - Dede Yuliarti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Sejarah memiliki peran penting pembangunan karakter terhadap siswa. Salah satu pembangun karakter dengan penerapan nilai-nilai kepahlawanan. Penelitian ini membahas tentang penanaman nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Sudirman terhadap siswa yang dikembangkan dalam bahan ajar pelajaran sejarah pada 3 SMA di Purbalingga. Rumusan Masalah yang diambil dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana nilai kepahlawanan yang ditanaman pada siswa di 3 SMA Kabupaten Purbalingga pada pokok bahasan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. (2) Bagaimana persepsi siswa terhadap nilai-nilai ketokohan Jendral Soedirman. (3) Bagaimana kendala guru dalam proses penanaman nilai kepahlawanan Jendral Soedirman siswa terhadap ketokohan Jendral Soedirman dalam pembelajaran sejarah pada pokok bahasan Mempertahankan. Tujuan penelitian in mengetahui serta menganalisis; (1) Penanaman nilai kepahlawanan dalam bahasan mempertahankan kemerdekaan. (2) Kendala guru penanaman terhadap ketokohan Jendral Soedirman. (3) Mengetahui persepsi siswa Metode yang digunakan ialah kualitatif karena mengangkat dunia yang tersembunyi (nomena) . Penelitian menghasilkan penemuan menggunakan dengan cara wawancara, observasi, dokumen-dokumen, atau teknik penunjang seperti foto dan rekaman serta penunjaang perangkat pembelajaran. Berdasarkan pokok temuan dan pembahasan hasil penelitian mengenai nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman dalam pembelajaran sejarah pokok bahasan upaya mempertahankan kemerdekaan pada kelas XII di SMA Negeri 1 Rembang, kelas X di SMK Negeri 1 Rembang, kelas XI di SMA Ma’arif Purbalingga tahun pelajaran 2019/2020. Persepsi siswa tentang Jenderal Sudirman cukup baik. Terutama karena mereka tinggal di daerah tokoh. Kendala yang dihadapi dalam penerapan nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman diantaranya guru kurangnya literasi tentang nilai-nilai seputar perjuangan Jendral Soedirman. Kurangnya fasilitas seperti LCD juga menghambat kelancaran pembelajaran. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini, hendaknya guru lebih merincikan perencanaan tentang peran dan nilai-nilai Jenderal Soedirman Jenderal Soedirman. Teruntuk siswa, hendaknya lebih aktif dan atusias dalam pembelajaran. Dan untuk sekolah, untuk terus mendukung dalam pengimplementasi nilai kepahlawanan Jendral Soedirman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Kepahlawanan, Jenderal Sudirman, Sejarah
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:28
Last Modified: 13 Sep 2021 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46189

Actions (login required)

View Item View Item