PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN


Anna Zulfatul Ifadah, NIM 7311416144 (2020) PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN] PDF (PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: Kebijakan Dividen, Invetsment Opportunity Set Para pemegang saham umumnya menginginkan pembagian dividen yang relatif stabil, karena akan menambah kepercayaan para investor untuk tetap menanamkan modalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh investment opportunity set terhadap kebijakan dividen di Perusahaan Manufaktur yang terdaftar Bursa Efek Idonesia (BEI). Periode pengamatan dalam penelitian ini yaitu 2009-2018. Sampel yang digunakan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, penentuan model estimasi data panel, regresi linear. Data yang digunakan berupa data sekunder yang berasal dari laporan keuangan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eviews 10. Hasil uji model menunjukan bahwa model estimasi data panel terbaik adalah random effect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa investment opportunity set berpengaruh negatif dan signifikan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Simpulan dari penelitian ini adalah hubungan kebijakan dividen dan investment opportunity set adalah negatif signifikan. Saran peneliti, bagi manajemen perusahaan untuk mempertimbangkan ketika akan melakukan kesempatan investasi karena akan berpengaruh terhadap dividen yang akan dibagikan. Peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan penelitian serupa namun dengan menambah variabel bebas lain seperti kebijakan investasi, selain itu juga untuk meneliti indeks-indeks lain sebagai populasi tidak hanya pada sektor manufaktur saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kebijakan Dividen, Invetsment Opportunity Set
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 05:16
Last Modified: 13 Sep 2021 05:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46183

Actions (login required)

View Item View Item