PENGARUH KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN PROMOSI PADA LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN
Fatkhus Sholikhatul Maula, 7311416140 (2021) PENGARUH KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN PROMOSI PADA LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN PROMOSI PADA LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Keputusan Pembelian, Promosi, Kepuasan Pelanggan Banyaknya bisnis kuliner saat ini membuat persaingan bisnis semakin ketat. Salah satu yang membuat perusahaan bisa bertahan adalah dengan membentuk loyalitas pelanggan. Sebuah perusahaan perlu berusaha dan memiliki strategi untuk membentuk loyalitas pelanggan serta mempertahankannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan pembelian dan promosi pada loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan dari WKWK Food and Drink Kudus. Teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 116 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Analisis data menggunakan analisis jalur (path) melalui program SPSS for Windows versi 23. Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa keputusan pembelian berpengaruh pada kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Variabel promosi juga berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan mampu bertindak sebagai variabel intervening. Dimana variabel keputusan pembelian dan promosi berpengaruh positif pada loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu keputusan pembelian berpengaruh positif pada kepuasan dan loyalitas pelanggan yang semakin tinggi nilai keputusan pembelian maka akan diikuti dengan tingginya kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Promosi juga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan mampu memediasi pengaruh variabel keputusan pembelian dan promosi pada loyalitas pelanggan. Saran yang diberikan sebaiknya WKWK Food and Drink meningkatkan promosi dengan publikasi melalui media sosial seperti instagram atau lainnya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel dan atau memperluas ruang lingkup objek.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Keputusan Pembelian, Promosi, Kepuasan Pelanggan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 05:07 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 05:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46178 |
Actions (login required)
View Item |