PEMBINAAN PRESTASI SEKOLAH SEPAK BOLA TERANG BANGSA DI KOTA SEMARANG TAHUN 2020


Aditya Wisnu Harjanto, 6101416157 (2020) PEMBINAAN PRESTASI SEKOLAH SEPAK BOLA TERANG BANGSA DI KOTA SEMARANG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBINAAN PRESTASI SEKOLAH SEPAK BOLA TERANG BANGSA DI KOTA SEMARANG TAHUN 2020] PDF (PEMBINAAN PRESTASI SEKOLAH SEPAK BOLA TERANG BANGSA DI KOTA SEMARANG TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

SSB Terang Bangsa adalah SSB di Kota Semarang yang berdiri 5 Oktober 2009. Terbentuknya SSB Terang Bangsa melandasi visi dan misi dengan bertujuan membina atlet baik dalam sepakbola dan pembentukan karakter menuju ketingkat profesional. SSB Terang Bangsa mempunyai prestasi yang baik dengan menghasilkan atlet yang mampu bermain di tim Liga Indonesia dan Timnas Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan prestasi Sekolah Sepakbola Terang Bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SSB Terang Bangsa yang berlokasi Jl. Arteri Utara-Komplek Grand Marina, Kota Semarang, Jawa Tengah-50144. Instrument penelitian menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi. Pengumpulan data dengan menggunakaan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah atlet, pelatih, dan pengurus. Teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) pembinaan prestasi Sekolah Sepakbola (SSB) Terang Bangsa sudah baik. Pemassalan dilakukan dengan berinteraksi langsung dengan atlet, pelatih, dan pengurus. Pembibitan dilakukan dengan berjenjang sesuai dengan kelompok usia. Prestasi yang sudah didapat cukup baik. 2) Sumber Daya Manusia di SSB Terang Bangsa sudah baik. Atlet yang mempunyai semangat dan kedisiplinan dalam latihan. Pelatih yang berkompeten dengan memiliki sertifikat C-UEFA dan D Nasional. Pengurus bekerja dengan tugas masing-masing. 3) program Latihan di SSB Terang Bangsa menggunakan kurikulum sepak bola Belanda dengan meningkatkan pembinaan usia muda dan sudah disesuaikan dengan kondisi sepak bola Indonesia dan mencakup latihan teknik, taktik, mental, dan fisik. 4) Organisasi SSB Terang Bangsa sudah baik dengan adanya struktur organisasi dan fungsi organisasi yang jelas. 5) Sarana dan Prasarana di SSB Terang Bangsa memiliki kualitas yang baik dan kelengkapan yang memadai. 6) Pendanaan di SSB Terang Bangsa diperoleh dari iuran atlet dan bantuan dari pihak yayasan. Simpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembinaan prestasi Sekolah Sepakbola (SSB) Terang bangsa cukup baik hal ini dapat dilihat dari aspek pembinaan, SDM, program latihan, organisasi, sarana dan prasarana, pendanaan. Saran diharapakan sekolah sepakbola terang bangsa lebih sering mengikuti kompetisi dan lebih bisa mengorbitkan pemain yang berprestasi baik sepakbola yang berkarakter pada tim Liga Indonesia dan Timnas Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Prestasi, Sepakbola, Terang Bangsa.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Sep 2021 05:03
Last Modified: 13 Sep 2021 05:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46173

Actions (login required)

View Item View Item