PENGARUH ENTREPRENEURIAL MARKETING DAN LINGKUNGAN INDUSTRI TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING


HARDIAN MAHENDRA, 7311416130 (2020) PENGARUH ENTREPRENEURIAL MARKETING DAN LINGKUNGAN INDUSTRI TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH ENTREPRENEURIAL MARKETING DAN LINGKUNGAN INDUSTRI TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING] PDF (PENGARUH ENTREPRENEURIAL MARKETING DAN LINGKUNGAN INDUSTRI TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Entrepreneurial Marketing, Lingkungan Industri, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran Usaha kecil dan menengah mengalami pertumbuhan yang signifikan selama satu dekade terakhir. Mayoritas bisnis di dunia berasal dari usaha kecil dan menengah sehingga bisnis ini berperan penting dalam perekonomian. UMKM menyerap sekitar 97% tenaga kerja nasional, sementara Usaha Besar hanya menyerap sekitar 3% dari total tenaga kerja nasional. UMKM juga berkontribusi dalam meningkatkan tingkat pekerjaan menjadi 6,97% atau 112 juta orang Indonesia dan karenanya, itu Penting bagi UMKM untuk memaksimalkan kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh entrepreneurial marketing, lingkungan industri, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Keripik Tumpi di Kabupaten Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah Usaha Mikro Keripik Tumpi di Kabupaten Semarang sejumlah 64 pelaku usaha dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 64 pelaku usaha dengan menggunakan metode sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan uji asumsiklasik dan path analysis dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable entrepreneurial marketing, lingkungan industri, dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa keunggulan bersaing dapat memediasi entrepreneurial marketing dan lingkungan industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Simpulan dari penelitian ini adalah entrepreneurial marketing dan lingkungan industri meningkatkan kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing juga mampu memediasi pengaruh variabel entrepreneurial marketing dan lingkungan industri terhadap kinerja pemasaran. Saran yang diberikan adalah sebaiknya pelaku Usaha Mikro Keripik Tumpi lebih gencar melakukan inovasi pemasran pada produk keripik, melakukan promosi, memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dan dapat menjaga kualitas keripik.Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah referensi terkait denganvariable entrepreneurial marketing dan memperluas ruang lingkup objek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Entrepreneurial Marketing, Lingkungan Industri, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:56
Last Modified: 13 Sep 2021 04:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46171

Actions (login required)

View Item View Item