“PENGARUH KEPEMILIKAN ASING, DEWAN DIREKSI ASING DAN DIREKTUR UTAMA ASING TERHADAP PROFITABILITAS”


INDAH KURNIA SARI, NIM 7311416125 (2020) “PENGARUH KEPEMILIKAN ASING, DEWAN DIREKSI ASING DAN DIREKTUR UTAMA ASING TERHADAP PROFITABILITAS”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “PENGARUH KEPEMILIKAN ASING, DEWAN DIREKSI ASING DAN DIREKTUR UTAMA ASING TERHADAP PROFITABILITAS”] PDF (“PENGARUH KEPEMILIKAN ASING, DEWAN DIREKSI ASING DAN DIREKTUR UTAMA ASING TERHADAP PROFITABILITAS”) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Kepemilikan Asing, Dewan Direksi Asing, Direktur Utama Asing, Profitabilitas. Teori keagenan menyatakan bahwa kepemilikan asing dan dewan direksi berkewarganegaraan asing dapatmengurangi masalah asimetri informasi dan memaksimalkan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kepemilikan Asing, Dewan Direksi Asing dan Direktur Utama Asing berpengaruh terhadap Profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2018. Sampel pada penelitian ini sebanyak 148 perusahaam dengan teknik pengambilan sampel metode purposive sampling. Analisis regresi yang digunakan yaitu Analisis regresi data panel dengan menggunakan software analisis data Eviews 9. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kepemilikan asing berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas, variabel dewan direksi asing tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, dan variabel direktur utama asing berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu hasil penelitian tidak sejalan dengan teori keagenan karena kepemilikan asing dan dewan direksi asing berpengaruh negtif terhadap profitabilitas. Saran yang dapat peneliti berikan bagi peneliti selanjutnya yaitu untuk menambah periode penelitian dan variabel lain seperti gender, umur, masa jabatan dewan direksi agar dapat memperkuat hasil penelitian. Bagi perusahaan, dapat menerapkan good corporate governance dan memilih dewan direksi asing yang berpengalaman menjadi direksi pada perusahaan lokal. Bagi investor, hasil penelitian ini hendaknya tidak dijadikan sebagai acuan utama, melainkan investor juga harus melihat dari sisi fundamental dan teknikal perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kepemilikan Asing, Dewan Direksi Asing, Direktur Utama Asing, Profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:49
Last Modified: 13 Sep 2021 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46164

Actions (login required)

View Item View Item