PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA SEPAK BOLA PADA SSB PUTRA MANDIRI DI KOTA MAGELANG TAHUN 2020


HENDRIAN PRAYOGA, 6101416147 (2020) PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA SEPAK BOLA PADA SSB PUTRA MANDIRI DI KOTA MAGELANG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA SEPAK BOLA PADA SSB PUTRA MANDIRI DI KOTA MAGELANG TAHUN 2020] PDF (PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA SEPAK BOLA PADA SSB PUTRA MANDIRI DI KOTA MAGELANG TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Di kota Magelang banyak yang menggemari olahraga sepak bola, dilihat dari tingginya antusias pada turnamen sepak bola yang ada. Saat ini di kota magelang sudah banyak Sekolah Sepak Bola (SSB) yang berdiri, salah satunya adalah Sekolah Sepak Bola Putra Mandiri. SSB Putra Mandiri dibentuk pada tahun 2005, yang bertujuan membina anak usia dini secara berjenjang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Pembinaan Prestasi Olahraga Sepak Bola Pada SSB Putra Mandiri di Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif etnography. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah pengurus, pelatih, dan atlet SSB Putra Mandiri. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik triangulasi data. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penlitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa, Tahap Pembinaan Prestasi Olahraga Sepak Bola Pada SSB Putra Mandiri di Kota Magelang meliputi tahap pemasalan, pembibitan dan prestasi. Kepengurusan organisasi SSB Putra Mandiri sudah berjalan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing serta berperan aktif terhadap pembinaan prestasi sepak bola. Program latihan di SSB Putra Mandiri dalam kategori baik, setiap pelatih mempunyai program latihan yang cukup efektif dan efisien. Pelatih di SSB Putra Mandiri dapat dikatakan baik, mereka mempunyai semangat dan tujuan untuk melatih. Atlet sepak bola di SSB Putra Mandiri cukup baik secara tim maupun individu dan memiliki attitude yang baik. Sarana dan prasarana di SSB Putra Mandiri sudah cukup baik dan sesuai standar. Pendanaan di SSB Putra Mandiri berasal dari uang pendaftaran siswa dan iuran bulanan siswa. Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa Pembinaan Prestasi Olahraga Sepak Bola Pada SSB Putra Mandiri di Kota Magelang adalah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari aspek pemasalan, pembibitan, prestasi, sumber daya manusia, program latihan, organisasi, pendanaan, sarana dan prasarana. Adapun saran yang diberikan agar membuat data peningkatan presastasi atlet agar mengetahui naik turunnya prestasi atlet. Untuk mempertimbangkan pembuatan lapangan milik SSB sendiri. Mengoptimalkan kontribusi sponsor dan donator untuk meningkatkan kesejahteraan atlet dan pelatih SSB Putra Mandiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Prestasi, Olahraga Sepak Bola
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:49
Last Modified: 13 Sep 2021 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46160

Actions (login required)

View Item View Item