ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATERI JARINGAN HEWAN DI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID


Yunita Nur Fatma, 4401415071 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATERI JARINGAN HEWAN DI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATERI JARINGAN HEWAN DI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID] PDF (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATERI JARINGAN HEWAN DI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam persaingan global saat ini, kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi yang harus dikembangkan dalam diri siswa. Berpikir kritis adalah kemampuan seseorang melihat kondisi atau peristiwa dan dapat memberikan keputusan berdasarkan pada pengetahuan yang dimilikinya. Kemampuan ini mampu membantu siswa bersaing secara global baik dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja. Sekolah sebagai salah satu penyelenggara pendidikan memiliki peran penting dalam pengembangan dan evaluasi kemampuan berpikir kritis siswa melalui proses pembelajaran yang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada pembelajaran biologi materi jaringan hewan di SMA Negeri 1 Kota Mungkid. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diambil dengan metode observasi, wawancara, tes, dan angket siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 53,62% siswa masuk dalam kategori kurang kritis, 44,93% siswa masuk dalam kategori kritis, dan 1,45% siswa masuk dalam kategori sangat kritis. Banyaknya siswa yang masuk kategori kurang kritis dikarenakan metode yang digunakan selama proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan sebagian besar soal yang dipakai dalam proses evaluasi belum masuk kategori C4-C6 sehingga belum menunjang perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui metode pembelajaran, model pembelajaran, dan evaluasi yang digunakan guru terhadap siswa. Model-model pembelajaran yang dapat membantu perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa antara lain problem-based learning, project-based learning, dan inquiry learning.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis, kemampuan berpikir kritis, jaringan hewan, Mungkid
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:36
Last Modified: 13 Sep 2021 04:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46159

Actions (login required)

View Item View Item