PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ETNOSAINS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI REDOKS SISWA MA NEGERI BLORA


Sofia Kusuma Ramandanti, 4301416041 (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ETNOSAINS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI REDOKS SISWA MA NEGERI BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ETNOSAINS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI REDOKS SISWA MA NEGERI BLORA] PDF (PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ETNOSAINS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI REDOKS SISWA MA NEGERI BLORA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Materi pelajaran kimia merupakan salah satu rumpun Ilmu Pengetahuan Alam yang menuntut siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran kimia menekankan pada cara siswa menguasai konsep-konsep dan bukan menghafal fakta. Masalah utama pembelajaran yang masih banyak ditemui adalah tentang rendahnya pemahaman konsep dari peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui ada dan tidaknya besarnya pengaruh pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi etnosains terhadap pemahaman konsep siswa MA Negeri Blora. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian posttest only experiment, dimana subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok penelitian yaitu kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Kedua kelompok tersebut diberikan perlakuan yang berbeda yaitu dengan menggunakan model pebelajaran terintegrasi etnosains dan model konvensional. Setelah diberi perlakuan, kedua kelompok tersebut diberikan posttest untuk mengukur hasil dari perlakuan yang telah diberikan. Hasil persentase siswa pada kategori paham konsep kelas eksperimen 1 lebih tinggi dari kelas eksperimen 2 dengan beda selisih dari nilai rata-rata sebesar 4,98%. Perbedaan persentase paham konsep antara kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 menunjukkan bahwa pembelajaran terintegrasi etnosains berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada pembelajaran redoks. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 1 lebih besar dari pada kelas eksperimen 2 yaitu sebesar 51,52 dan 49,73 Perbedaan rata-rata nilai antara kelas eksperimen 1 dengan kelas eksperimen 2 menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan model pembelajaran terintegrasi etnosains pada materi redoks. Besarnya pengaruh problem based learning terintegrasi etnosains terhadap pemahaman konsep kimia siswa kelas X MA Negeri Blora sebesar 0,81%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep, Pembelajaran terintegrasi etnosains, Redoks, Problem based learning
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:28
Last Modified: 13 Sep 2021 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46154

Actions (login required)

View Item View Item