Efektifitas Teknik Modeling Simbolis Dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SDN Sekaran 01 Gunungpat


Endang Astutik, 1301402004 (2007) Efektifitas Teknik Modeling Simbolis Dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SDN Sekaran 01 Gunungpat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektifitas Teknik Modeling Simbolis Dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SDN Sekaran 01 Gunungpat]
Preview
PDF (Efektifitas Teknik Modeling Simbolis Dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SDN Sekaran 01 Gunungpat) - Published Version
Download (17kB) | Preview

Abstract

Endang Astutik, 1301402004. 2007 ”Efektifitas Teknik Modeling Simbolis Dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SDN Sekaran 01 Gunungpat” Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing1: Prof. Dr.DYP.Sugiharto, MPd, Kons. Pembimbing 11: Dra. M.Th. Sri Hartati, MPd. Kata Kunci : Teknik modeling, aktivitas pembelajaran. Dunia Pendidikan sekarang ini secara nyata telah berkembang pesat, baik secara kuantitas maupun kualitas, oleh karena sekolah sebagai sarana pembelajaran harus mampu membentuk anak didik yang berguna bagi nusa dan bangsa, anak sekolah dasar memerlukan suatu model atau contoh sebagai bahan acuan agar mereka bisa menjadi lebih baik dan lebih aktif dalam pembelajaran. Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah efektifitas teknik modeling simbolis dalam meningkatkan aktivitas pemelajaran pada siswa kelas V SDN Sekaran 01 Gunungpati. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode Pre-Test dan Pos Test, dengan menggunakan data ordinal, desain penelitian ini termasuk Deskriptif-Kuantitatif, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sekaran 01 Gunungpati, sejumlah 45 siswa. Analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan uji T-test, pertama-tama dilakukan observasi pre-test, setelah pre-test dilakukan treatment, dalam jangka waktu tertentu kemudian dilakukan post-test untuk mengukur mean dan membandingkan mean dari pre-test dan postest. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa ada peningkatan aktivitas pembelajaran, yang meliputi enam aspek aktivitas yaitu aktivitas motorik, aktivitas visual, aktivitas oral, aktivitas listening, aktivitas mental dan aktivitas emosional, yang masing-masing aktivitas mengalami peningkatan. Peningkatan aktivitas pembelajaran itu diperkuat dengan uji statistik dengan menggunakan uji Uji T-Test dengan membandingkan hasil Pre-Test dan Post Test, dari uji T-Test di ketahui bahwa T hitung =11,47 dan T tabel =2,021 yang berarti menolak hipotesis (H0) dan menerima Hipotesis ( H1). Dengan kata lain dengan adanya perlakuan teknik modeling simbolis maka aktivitas pembelajaran menjadi meningkat. Simpulan dan saran ini diambil setelah diadakan perhitungan dengan uji T-test didapatkan hasil bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan pos-tes dari perbedaan tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa teknik modeling simbolis efektif untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran. Saran yang bisa diberikan dalam penelitian ini adalah sekolah hendaknya dapat melanjutkan teknik modeling simbolis agar siswa tetap aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teknik modeling, aktivitas pembelajaran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Sep 2011 03:04
Last Modified: 26 Sep 2011 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4614

Actions (login required)

View Item View Item