PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI


Andhika Widiyanto, NIM 7311416105 (2021) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI] PDF (PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran Kinerja pemasaran merupakan faktor penting dalam pelaksanaan usaha, dengan adanya kinerja pemasaran yang baik maka penjualan akan semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, serta mengetahui apakah inovasi produk mampu memediasi orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Populasi pada penelitian ini adalah pelaku usaha di Komunitas Rumah Pintar Lavender Semarang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 72 pelaku usaha dengan metode sampel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Pengujian instrument dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan path analysis dengan bantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa keunggulan bersaing dapat memediasi orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Simpulan dari penelitian ini adalah orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar mampu meningkatkan kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing mampu memediasi pengaruh variabel orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Saran yang diberikan adalah sebaiknya pelaku usaha dapat melakukan inovasi dalam produknya dengan membuat motif tas baru, memproduksi barang lain dengan bahan dasar tali kur, meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, melakukan promosi lebih agar produk dapat dijangkau masyarakat luas. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah referensi terkait dengan orientasi kewirausahaan dan memperluas ruang lingkup objek

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:57
Last Modified: 13 Sep 2021 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46124

Actions (login required)

View Item View Item