ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU KESEMBUHAN PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Lima Puskesmas dengan Kejadian Gagal Konversi Tertinggi dan Mortality Tertinggi di Kota Semarang)


Farida Nurjanati Hardanis, 6411416134 (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU KESEMBUHAN PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Lima Puskesmas dengan Kejadian Gagal Konversi Tertinggi dan Mortality Tertinggi di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU KESEMBUHAN PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Lima Puskesmas dengan Kejadian Gagal Konversi Tertinggi dan Mortality Tertinggi di Kota Semarang)] PDF (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU KESEMBUHAN PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Lima Puskesmas dengan Kejadian Gagal Konversi Tertinggi dan Mortality Tertinggi di Kota Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia menduduki peringkat ketiga dunia dengan negara penyumbang dua pertiga jumlah penderita TB dunia setelah India (27%) dan China (9%). Dalam 5 tahun terakhir, angka kesembuhan/cure rate tidak pernah mencapai target nasional yaitu 85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan laju kesembuhan pada pasien TB paru di Kota Semarang. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif observasional dengan metode kohort retrospektif. Sampel diambil pada 5 puskesmas dengan teknik purposive berdasarkan kejadian gagal konversi dan angka mortalitas tertinggi, yaitu Puskesmas Halmahera, Bangetayu, Pandanaran, Kagok, dan Kedungmundu. Sampel berjumlah 89 kasus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengumpulkan data dari rekam medis. Analisis data menggunakan analisis survival dengan uji cox regression menggunakan perangkat SPSS. Dari 89 pasien, terdapat 50 pasien (56,2%) laki-laki dan 38 perempuan (43,8%). Nilai tengah/median waktu kesembuhan adalah 184 hari. Faktor yang mempengaruhi laju kesembuhan pasien TB adalah usia (p<0,05; HR=1,61), jenis kelamin (p<0,05), riwayat pengobatan TB (p<0,05; HR=15,36), dan kategori OAT (p<0,05; HR=15,6). Faktor yang mempengaruhi laju kesembuhan pasien TB paru di Kota Semarang adalah usia, jenis kelamin, riwayat pengobatan TB, dan kategori OAT. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait faktor-faktor lain yang mungkin berpengaruh dengan laju kesembuhan pasien TB paru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: TB Paru Dewasa, Laju kesembuhan, Analisis Survival.
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:49
Last Modified: 13 Sep 2021 03:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46114

Actions (login required)

View Item View Item