REKAYASA KECEPATAN PUTAR ROTOR DAN BEBAN TERHADAP EFISIENSI GENERATOR SINKRON MAGNET PERMANEN MENGGUNAKAN SOFTWARE DESIGN ELECTROMAGNETIC (experimen capaian pada skala komputer)


Agung, 5301416045 (2020) REKAYASA KECEPATAN PUTAR ROTOR DAN BEBAN TERHADAP EFISIENSI GENERATOR SINKRON MAGNET PERMANEN MENGGUNAKAN SOFTWARE DESIGN ELECTROMAGNETIC (experimen capaian pada skala komputer). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of REKAYASA KECEPATAN PUTAR ROTOR DAN BEBAN TERHADAP EFISIENSI GENERATOR SINKRON MAGNET PERMANEN MENGGUNAKAN SOFTWARE DESIGN ELECTROMAGNETIC (experimen capaian pada skala komputer)] PDF (REKAYASA KECEPATAN PUTAR ROTOR DAN BEBAN TERHADAP EFISIENSI GENERATOR SINKRON MAGNET PERMANEN MENGGUNAKAN SOFTWARE DESIGN ELECTROMAGNETIC (experimen capaian pada skala komputer)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

kecepatan dan beban merupakan faktor penting untuk mengetahui nilai keluaran dan masukan generator sebelum melakukan perancangan. Hal tersebut perlu dikembangkan sebuah energi terbarukan dengan merancang sebuah generator dengan keadaan energi angin rendah dapat menghasilkan energi yang optimal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil efisiensi yang optimal pada generator yang telah di desain. Pada penelitian ini melakukan simulasi dengan menggunakan variasi keceptan putar rotor 250 ,500, 750, 1000 Rpm dan beban 10, 20, 30 dan 40 ohm dengan spesifikasi 12 slot 8 pole dengan menggunakan 24 lilitan. Pada penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian experimen. Penelitian ini mendapatkan hasil tegangan tertinggi tanpa beban 64.06 volt tanpa beban. Pada simulasi generator sinkron magnet permanen dengan menggunkan beban mendapatkan hasil tegangan 61,72 volt ketika diberi beban 40 ohm pada kecepatan 1000 Rpm, arus daya 6.02 A,torsi 5.39 Nm, daya masuk 675.04 watt, daya keluar 408.98 watt dan efisensi mencapai 61 % pada beban 10 ohm dengan kecepatan 1000 Rpm, dapat kita ketahui bahwa beban yang sama , nilai efisiensi, nilai efisiensi akan semakin besar seiring bertambahnya kecepatan serta semakin tinggi nilai beban maka semakin rendah nilai efisiensi pada generator.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecepatan Rotor, Beban Generator, Efisiensi Generator
Subjects: T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:37
Last Modified: 13 Sep 2021 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46110

Actions (login required)

View Item View Item