PENGARUH EKUITAS MEREK, CITRA MEREK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI (Studi Kasus Produk Wifi.id di Kota Semarang)


Failasufa Raharjanti, NIM 7311416104 (2021) PENGARUH EKUITAS MEREK, CITRA MEREK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI (Studi Kasus Produk Wifi.id di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH EKUITAS MEREK, CITRA MEREK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI (Studi Kasus Produk Wifi.id di Kota Semarang)] PDF (PENGARUH EKUITAS MEREK, CITRA MEREK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI (Studi Kasus Produk Wifi.id di Kota Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Ekuitas Merek, Citra Merek, Promosi, Minat Beli, Keputusan Pembelian. Keputusan pembelian merupakan hal sangat penting yang harus diperhatikan perusahaan dalam memasarkan produknya. Keputusan pembelian yang dilakukan konsumen memiliki dampak terhadap penjualan produk perusahaan, oleh sebab itu hal-hal yang dapat meningkatkan keputusan pembelian seperti ekuitas merek, citra merek, dan promosi harus diperhatikan perusahaan untuk meningkatkan penjualan produknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ekuitas merek, citra merek, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian, serta untuk mengetahui apakah minat beli mampu memediasi ekuitas merek, citra merek, dan promosi terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Wifi.id kategori Wifi Basic di Kota Semarang yang jumlahnya tidak diketahui. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 101 responden dengan teknik Incidental Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, observasi, dan studi literatur. Analisis data menggunakan uji asumsi klasi dan path analysis dengan menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ekuitas Merek, Citra Merek, dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi < 0.05. Sedangkan hasil dari Uji Path Analysis menunjukkan bahwa minat beli mampu memediasi hubungan antara Ekuitas Merek, Citra Merek, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Simpulan dari penelitian ini adalah ketiga variabel bebas Ekuitas Merek, Citra Merek, dan Promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Selain itu Minat beli mampu memediasi pengaruh Ekuitas Merek, Citra Merek, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Saran bagi perusahaan agar memperhatikan hal-hal yang dapat membuat citra merek Wifi.id semakin baik, seperti meningkatkan kualitas/ mutu Wifi.id. Kualitas atau mutu Wifi.id dapat ditingkatkan dengan cara memperbesar kapasitas daya tampung user di setiap Wifi Corner, sehingga meskipun user Wifi.id di suatu Wifi Corner semakin banyak kecepatan akses internet tidak menurun. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti lebih dalam pengaruh variabel citra merek terhadap keputusan pembelian agar memperoleh hasil yang maksimal dan memperoleh hasil pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian yang semakin besar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Ekuitas Merek, Citra Merek, Promosi, Minat Beli, Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:50
Last Modified: 13 Sep 2021 03:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46109

Actions (login required)

View Item View Item