PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN


Muhamad Riski Alviandi Hasyim, NIM 7311416077 (2020) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN] PDF (PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Kinerja Perusahaan, ukuran perusahaan, struktur modal, modal intelektual Kinerja Perusahaan yang baik diperoleh dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Sumber daya terbagi antara sumber daya berwujud dan tidak berwujud. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, struktur modal, dan modal intelektual terhadap kinerja perusahaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang tercatat di BEI pada tahun 2014-2018. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam pengambilan sampel penelitian, diperoleh sampel sebanyak 480 perusahaan. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian menggunakan regresi data panel dan model Random effect yang terpilih untuk digunakan di dalam model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ukuran perusahaan dan struktur modal berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Komponen modal intelektual capital employed dan human capital berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan, sedangkan structural capital berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ukuran perusahaan tidak berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja perusahaan dan struktur modal antara modal sendiri dan hutang dengan hutang yang semakin tinggi tidak berpengaruh negatif secara signifikan terhadap kinerja perusahaan. Komponen modal intelektual Human capital memiliki pengaruh positif sgnifikan terhadap kinerja perusahaan, Sedangkan komponen modal intelektual capital employed dan structural capital tidak berpengaruh atau memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kinerja Perusahaan, ukuran perusahaan, struktur modal, modal intelektual
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 02:54
Last Modified: 13 Sep 2021 02:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46103

Actions (login required)

View Item View Item