ANALISIS PENGARUH LOCUS OF CONTROL, EFIKASI KEUANGAN, DAN RISK TOLERANCE TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI


Irham Cahyo Hardiyanto, NIM 7311416074 (2020) ANALISIS PENGARUH LOCUS OF CONTROL, EFIKASI KEUANGAN, DAN RISK TOLERANCE TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGARUH LOCUS OF CONTROL, EFIKASI KEUANGAN, DAN RISK TOLERANCE TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI] PDF (ANALISIS PENGARUH LOCUS OF CONTROL, EFIKASI KEUANGAN, DAN RISK TOLERANCE TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: Behavioral Finance, Locus of Control, Efikasi Keuangan, Risk Tolerance, Keputusan Investasi. Populasi generasi milenial di Indonesia yang sangat besar menyebabkan peningkatan pertumbuhan investor milenial secara nasional. karakteristik milenial yang tumbuh besar di era sharing economy menyebabkan mereka memiliki karakter secara psikologi berbeda dengan generasi yang lainnya, mereka cenderung lebih tertarik dalam bagaimana menikmati hidup seperti nongkrong dan jalan-jalan untuk diupload di sosial media dibandingkan dengan mempersiapkan keuangan yang lebih baik di masa depan. Hal tersebut menyebabkan sebagian generasi milenial tidak memiliki strategi investasi yang baik. Penelitian ini menguji bagaimana psikologis dari generasi milenial dengan variabel locus of control, efikasi keuangan dan risk tolerance dalam pembuatan keputusan investasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah investor milenial Kota Semarang yang tergabung dalam Forum KSPM Kota Semarang (FKKS). Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 113 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan aplikasi Eviews 10. Hasil penelitian ini mengonfirmasi dari penemuan-penemuan sebelumnya bahwa locus of control berpengaruh positif terhadap keputusan investasi, efikasi keuangan berpengaruh positif terhadap keputusan investasi dan risk tolerance tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan investasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Behavioral Finance, Locus of Control, Efikasi Keuangan, Risk Tolerance, Keputusan Investasi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 02:48
Last Modified: 13 Sep 2021 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46102

Actions (login required)

View Item View Item