Sistem Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PT. Pelayaran Nasioal Indonesia Cabang Semarang.

Ida Ayu Rosita, 3351302545 (2005) Sistem Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PT. Pelayaran Nasioal Indonesia Cabang Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Sistem Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PT. Pelayaran Nasioal Indonesia Cabang Semarang.) - Published Version
Download (264Kb)

    Abstract

    Kas adalah saldo kas perusahaan yang berasal dari penghasilan yang akan disetor ke bank dan dapat diambil sewaktu-waktu guna membiayai pengeluaran atau keperluan perusahaan. Kas terdiri dari saldo kas (cash on hand) dan rekening giro. Arus masuk dan arus keluar kas disebut arus kas. PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PT. Pelni) merupakan satu-satunya Perusahaan milik Negara yang bergerak di bidang jasa pelayaran, transaksi penerimaan dan pengeluaran kas secara tunai sarat terjadi, sehingga fenomena ini layak untuk diteliti lebih dalam. Permasalahan yang dikaji dalam Tugas Akhir ini adalah (1) Bagaimanakah sistem akuntansi penerimaan kas pada PT. Pelni Cabang Semarang? (2) Bagaimanakah sistem akuntansi pengeluaran kas pada PT. Pelni Cabang Semarang? Adapun tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah (1) Mendiskripsikan dan menganalisis sistem akuntansi penerimaan kas pada PT. Pelni Cabang Semarang, (2) Mendiskripsikan dn menganalisis sistem akuntansi pengeluaran kas pada PT. Pelni Cabang Semarang. Objek kajian dalam hal ini adalah sistem akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas pada PT. Pelni Cabang Semarang yang berlokasi di jalan Mpu Tantular No.25-27 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipatorik, interview, dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan yaitu analisis eksploratif dan disajikan dalam analisis diskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa sistem akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas pada PT. Pelni Cabang Semarang secara umum baik, namun masih terdapat poin-poin tertentu yang dinilai belum cukup baik. Yaitu, tidak diselenggarakannya sistem dana kas kecil untuk pengeluaran kas secara tunai yang jumlahnya relatif kecil, belum dibentuk Fungsi pemeriksa intern terhadap saldo kas, pengeluaran kas secara tunai kadang masih diambilkan dari saldo kas yang bersumber dari penghasilan. Ada hal yang perlu ditambahkan, bahwa sebaiknya dalam penyelenggaraan dana kas kecil Pada PT. Pelni Cabang Semarang digunakan imprest system (sistem dana tetap), dengan demikian perusahaan dapat memanfaatkan catatan bank sebagai unsur pengendalian intern.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kas, Masuk dan Keluar.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, D3
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 28 Mar 2011 21:56
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:02

    Actions (login required)

    View Item