HAMBATAN PENERAPAN TABLE OFFICIAL PADA INDONESIAN BASKETBALL LEAGUE (IBL)


ALMAZHAM MUDOFARUDDIN, 6101416143 (2020) HAMBATAN PENERAPAN TABLE OFFICIAL PADA INDONESIAN BASKETBALL LEAGUE (IBL). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HAMBATAN PENERAPAN TABLE OFFICIAL PADA INDONESIAN BASKETBALL LEAGUE (IBL)] PDF (HAMBATAN PENERAPAN TABLE OFFICIAL PADA INDONESIAN BASKETBALL LEAGUE (IBL)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bolabasket merupakan olahraga permainan bola besar yang cukup populer di kalangan pelajar hingga dewasa. Bolabasket bisa menjadi olahraga yang menyenangkan serta kompetitif. Pertandingan bolabasket di Indonesia sudah sangat berkembang pesat dari tingkat daerah hingga nasional bahkan professional. Perangkat pertandingan berperan penting dalam kelancaran sebuah pertandingan. Selain wasit, dalam pertandingan bolabasket terdapat petugas meja yang mendukung suatu kelancaran pertandingan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hambatan penerapan table official pada Indonesian Basketball League (IBL). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan desain narative dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan 25 Oktober 2020 sampai dengan 30 Oktober 2020. Subyek pada penelitian ini yaitu petugas meja dan beberapa steering commite yang bertugas pada IBL. Analisis data menggunakan data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa hambatan yang terjadi pada petugas meja. Ketersediaan alat disediakan oleh pihak IBL lengkap dan memiliki cadangan. Kondisi dan fungsi alat cukup baik dan dapat berfungsi sesuai dengan prosedur penggunaan alat. Ada beberapa alat yang belum berstandar FIBA seperti scoreboard dan buzzer. Petugas meja belum diberikan legalitas atau lisensi untuk bertugas tetapi petugas meja dipilih dengan kriteria sudah berpengalaman pada tingkat nasional dan memahami peraturan pertandingan serta dapat berkomunikasi dengan wasit. Kondisi sebelum, saat dan sesudah pertandingan sudah sesuai dengan peraturan FIBA. Kondisi lingkungan pada saat pertandingan seperti penonton dan cuaca dapat berpengaruh pada alat yang digunakan petugas meja. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peralatan yang disediakan cukup baik karena tersedianya alat cadangan hanya saja ada beberapa alat yang belum standar FIBA tetapi sudah standar nasional. Hambatan dan kesalahan pada petugas meja seperti terlambat menekan buzzer dan memasukan angka serta terlambat dalam shotclock dapat diatasi dengan cukup baik dan tidak menghambat pertandingan petugas meja hanya perlu lebih fokus dalam melaksanakan tugasnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hambatan, Table Official, Bolabasket
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Sep 2021 02:04
Last Modified: 13 Sep 2021 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46089

Actions (login required)

View Item View Item