ANALISIS EFISIENSI DAYA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO MENGGUNAKAN HOMER (Studi Kasus PLTMH Parakandowo Kabupaten Pekalongan)


Siti Suci Murni, 5301416014 (2020) ANALISIS EFISIENSI DAYA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO MENGGUNAKAN HOMER (Studi Kasus PLTMH Parakandowo Kabupaten Pekalongan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS EFISIENSI DAYA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO MENGGUNAKAN HOMER (Studi Kasus PLTMH Parakandowo Kabupaten Pekalongan)] PDF (ANALISIS EFISIENSI DAYA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO MENGGUNAKAN HOMER (Studi Kasus PLTMH Parakandowo Kabupaten Pekalongan)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

PLTMH merupakan pembangkit listrik yang memanfaatkan air sebagai media untuk menggerakkan turbin dan generator. Debit air di musim kemarau mengalami fluktuasi yang cukup drastis. Hal ini mengakibatkan efisiensi daya pada PLTMH Parakandowo mengalami penurunan. Homer dapat dimanfaatkan untuk merancang PLTMH untuk digridkan dengan PLN sehingga menjadi solusi jangka panjang ketika musim kemarau. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif non-eksperimental dengan menggunakan metode deskriptif di PLTMH Parakandowo Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini memberikan gambaran mengenai penurunan efisiensi daya yang dihasilkan oleh PLTMH Parakandowo pada musim kemarau sehingga homer dimanfaatkan untuk merancang PLTMH grid connected dengan PLN. Hasil Penelitian menunjukkan efisiensi selama penelitian tiga hari. Nilai rata-rata efisiensi PLTMH Parakandowo sebesar 65,33% sehingga menunjukkan ketidakefisienan karena PLTMH dikatakan efisien apabila presentasenya sebesar 70-90 %. Solusi jangka panjang dengan mendesain PLTMH grid connected dengan PLN menggunakan software Homer. Hasil simulasi software Homer menggridkan PLTMH dengan PLN yaitu energi yang dapat diproduksi sebesar 122.593 kW/tahun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PLTMH, Efisiensi, Homer, grid connected
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:46
Last Modified: 13 Sep 2021 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46085

Actions (login required)

View Item View Item