PENGARUH KONFLIK PERAN DAN AMBIGUITAS PERAN PADA KEPUASAN KERJA DENGAN STRES KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI


Anang Krisna Indra Kurniawan, NIM. 7311416034 (2020) PENGARUH KONFLIK PERAN DAN AMBIGUITAS PERAN PADA KEPUASAN KERJA DENGAN STRES KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KONFLIK PERAN DAN AMBIGUITAS PERAN PADA KEPUASAN KERJA DENGAN STRES KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI] PDF (PENGARUH KONFLIK PERAN DAN AMBIGUITAS PERAN PADA KEPUASAN KERJA DENGAN STRES KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Konflik Peran, Ambiguitas Peran, Kepuasan Kerja, Stres Kerja Kepuasan kerja merupakan penunjang dari suatu kesuksesan organisasi. Setiap karyawan yang bekerja pada suatu organisasi pastinya mengharapkan tingkat kepuasan yang tinggi.Semakin banyak aspek yang terpenuhi dari keinginan karyawan, maka semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan kerja karyawan seperti ambiguitas peran, konflik peran, dan stres kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konflik peran dan ambiguitas peran pada kepuasan kerja, pengaruh konflik peran dan ambiguitas peran pada stres kerja, pengaruh stres kerja pada kepuasan kerja, dan memahami pengaruh konflik peran dan ambiguitas peran pada kepuasan kerja melalui stres kerja sebagai variabel mediasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh tenaga kesehatan Puskesmas di Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara yang berjumlah 95 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan dengan jenis sampel jenuh sebanyak 95 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) atau model persamaan struktural dengan alat bantu analisis menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konflik peran memiliki pengaruh negatif dan signifikan pada kepuasan kerja, ambiguitas memiliki pengaruh negatif namun tidak signifikan pada kepuasan kerja, konflik peran memiliki pengaruh positif dan signifikan pada stres kerja, namun ambiguitas tidak memiliki pengaruh negatif pada stres kerja, stres kerja tidak memiliki pengaruh negatif dan signifikan pada kepuasan kerja, stres kerja dapat memediasi hubungan negatif antara ambiguitas peran pada kepuasan kerja. Namun tidak mampu memediasi pengaruh konflik peran pada kepuasan kerja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konflik peran dapat menurunkan kepuasan kerja, ambiguitas menurunkan kepuasan kerja tidak signifikan. konflik peran meningkatkan stres kerja, ambiguitas belum mampu meningkatkan stres kerja, stres kerja belum mampu menurunkan kepuasan kerja, stres kerja mampu memediasi pengaruh ambiguitas peran peran pada kepuasan kerja, namun belum mampu memediasi pengaruh konflik peran pada kepuasan kerja. Saran dari penelitian ini yaitu hendaknya organisasi selalu memberikan pengarahan kepada karyawan terkait dengan job description, tanggung jawab dan wewenang kerja, mengadakan sosialisasi terkait dengan SOP kepada seluruh karyawan, membuat log book yang berisi tentang job description agar memudahkan karyawan dalam memahami tugas yang harus dikerjakan. Sehingga dapat menurunkan terjadinya ambiguitas peran dan konflik peran pada karyawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konflik Peran, Ambiguitas Peran, Kepuasan Kerja, Stres Kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:52
Last Modified: 13 Sep 2021 01:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46083

Actions (login required)

View Item View Item