PEMBINAAN PRESTASI CABANG OLAHRAGA ATLETIK KABUPATEN PATI TAHUN 2018/2019


Riyan Dwi Hidayana, 6101416112 (2020) PEMBINAAN PRESTASI CABANG OLAHRAGA ATLETIK KABUPATEN PATI TAHUN 2018/2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBINAAN PRESTASI CABANG OLAHRAGA ATLETIK KABUPATEN PATI TAHUN 2018/2019] PDF (PEMBINAAN PRESTASI CABANG OLAHRAGA ATLETIK KABUPATEN PATI TAHUN 2018/2019) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Prestasi yang diperoleh PASI Kabupaten Pati tahun 2018-2019 di tingkat Provinsi dapat dipertimbangkan dan bisa dikatakan cukup baik. Prestasi cabang olahraga Atletik yang diraih bukanlah hal yang cepat dan mudah, semua itu melalui proses yang panjang, dan membutuhkan waktu yang lama, mulai dari permasalahan, pembibitan, hingga pembinaan secara terpadu, terarah dan berkelanjutan, program latihan, sarana dan prasarana atau fasilitas untuk para Atletnya juga sangat berpengaruh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembinaan prestasi cabang olahraga atletik di Kabupaten Pati Tahun 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, subyek pada penelitian ini yaitu atlet, pelatih, dan pengurus PASI Kabupaten Pati. Pengambilan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pelaksanaan teknik pemeriksaan didasarkan atas sejumlah kriteria tertentu, ada tempat kriteria yang digunakan yaitu: Kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Teknik analisis data yang digunakan yaitu: data reduksi (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclution drawing/verification). Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) Pembinaan prestasi PASI Kabupaten Pati sudah terlaksana dengan berbagai urutan prosedur yang baik. 2) PASI Kabupaten Pati telah melakukan pemasalan dengan sangat baik. 3) Proses pembibitan juga telah terlaksana dengan baik. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Pembinaan atlet di PASI Kabupaten Pati sudah berjalan dengan baik. Melalui proses pemasalan, pembibitan, dan perekrutan atlet serta memberikan jadwal latihan atlet untuk menunjang proses pencapaian prestasi atlet PASI Kabupaten Pati. Program latihan di rancang oleh pelatih PASI Kabupaten Pati mulai dari tahapan persiapan (umum-khusus), tahapan pra kompetisi, dan tahapan transisi. Tetapi untuk sarana dan prasarana yang ada di PASI Kabupaten Pati sudah tersedia cukup namun untuk segi kelayakannya masih sangat kurang. Saran untuk pembinaan di PASI Kabupaten Pati supaya lebih meningkatkan proses pembibitan guna untuk melengkapi bibitbibit atlet baru pada PASI Kabupaten Pati dan supaya dapat meningkatkan kualitas sarana dan prasarana, melengkapi alat-alat yang digunakan latihan atlet.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Prestasi, Atletik
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:44
Last Modified: 13 Sep 2021 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46080

Actions (login required)

View Item View Item