ANALISIS KARAKTERISTIK MODUL PANEL SURYA DENGAN SISTEM PENDINGIN AIR


Nurul Miftahhul Janna, 5301416006 (2020) ANALISIS KARAKTERISTIK MODUL PANEL SURYA DENGAN SISTEM PENDINGIN AIR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KARAKTERISTIK MODUL PANEL SURYA DENGAN SISTEM PENDINGIN AIR] PDF (ANALISIS KARAKTERISTIK MODUL PANEL SURYA DENGAN SISTEM PENDINGIN AIR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengoperasian panel surya biasanya dipengaruhi oleh radiasi matahari, suhu modul, solar altitude dan solar spectrum. Ketika arus yang dihasilkan panel surya besar, hal ini juga dapat menimbulkan panas berlebih (overheating) yang dapat merusak modul panel surya. Kenaikan suhu permukaan panel surya dapat menurunkan besar tegangan yang dihasilkan. Upaya penurunan suhu modul serta peningkatan nilai karakteristiknya dilakukan dengan menggunakan sistem pendinginan. Namun sistem pendinginan tidak disarankan dilakukan secara terusmenerus karena mempertimbangkan konsumsi daya pompa yang digunakan. Penelitian ini menggunakan Sistem Pendingin Air pada permukaan panel surya menggunakan pompa, selang dan water sprayer 360˚ selama 6 jam serta periode pendinginan 2 menit sekali. Pengujian dilakukan pada PLTS berkapasitas 1 kWp dengan jenis panel surya monocrystalline. Hasil pengujian berupa nilai karakteristik panel surya mencapai 65,2V, 11,4A, suhu modul 30-38oC. Sistem pendinginan ini mampu meningkatkan daya keluaran hingga 35% dan peningkatan efisiensi hingga 15% lebih tinggi dibandingkan penelitian sebelumnya. Selain itu konsumsi daya pompa yang digunakan tidak lebih besar dari peningkatan daya yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Panel Surya, Suhu, Pendinginan, Active Cooling
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:34
Last Modified: 13 Sep 2021 01:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46076

Actions (login required)

View Item View Item